Friday, February 1, 2013

Chocolate Ice Cream Edisi Revisi

     Hiyaaaahhhhh....pake acara edisi revisi segala, kayak buku aja deh. Tapi daripada aku lupa resepnya, ya ga papa deh di ciptakan edisi revisi ini, hehehehe.
     Kenapa edisi revisi?? Soalnya bahan-bahan dan stepnya ada yg ku ganti. Biar hasil lebih maksimal. Maklum, masih proses belajar, jadi harus terus nyoba sampe dapet hasil terbaik.


Bahan-bahan :
- 200 ml susu cair plain
- 200 ml heavy cream/whipping cream
- 4 butir kuning telur
- 50 gr gula halus
- 50 gr coklat masak, iris-iris
- 10 gr coklat bubuk
- sedikit garam (seujung sdt)


Cara membuat :
1. Kocok kuning telur dan gula hingga berwarna pucat dan kental menggunakan mixer atau balloon whisk.
2. Panaskan 1/2 susu cair dan cream dalam panci di atas api kecil, masukkan coklat masak dan coklat bubuk, aduk rata.
3. Campur kocokan kuning telur dengan 1/2 sisa susu.
4. Saat susu dan cream hampir mendidih (muncul gelembung-gelembung kecil di pinggir panci), masukkan kocokan kuning telur. Aduk, masukkan garam.
5. Masak adonan dengan terus di aduk hingga mengental atau adonan menempel tipis di spatula (sekitar 5 - 8 menit). Matikan api biarkan adonan dingin.
6. Masukkan adonan ke dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman.
7. Keluarkan adonan dari kulkas dan masukkan ke dalam ice cream maker. Proses selama 30-40 menit. Tergantung petunjuk pada ice cream maker. Bisa langsung dinikmati atau dimasukkan dulu ke dalam freezer.




     Ternyata kali ini lebih lembuuttt, sooooo smooottthhh. Can't stop eating it. Perbedaannya terletak di telur. Telurnya aku kasih 2x lipat dr sebelumnya. Dan hasilnya perfect. Terlihat dari setelah diproses di ice cream maker, lembut dan terlihat padat. Yang sebelumnya ga seperti ini, teksturnya sedikit berair dan ga selembut dan sepadat yang kali ini.

No comments:

Post a Comment