Monday, February 11, 2013

Vanilla Ice Cream

     Kali ini pengen nyoba bikin es krim yang rasa vanila. Es krim vanila salah satu favoritku juga. Soalnya tanpa tambahan bahan apapun selain vanila essens, jadi kerasa banget susunya. Wangi vanila juga haruuuummm banget.
    

Bahan - bahan:
- 300 ml susu cair plain
- 300 ml heavy cream/whipping cream
- 5 butir kuning telur
- 50 gr gula halus (sesuai selera)
- 1 sdm vanila essens
- 1/4 sdt garam


Cara membuat :
1. Kocok kuning telur dan gula hingga berwarna pucat dan kental menggunakan mixer atau balloon whisk.
2. Panaskan 1/2 bagian susu cair dan cream dalam panci di atas api kecil.
3. Campur kocokan kuning telur dengan 1/2 sisa susu.
4. Saat susu dan cream hampir mendidih (muncul gelembung-gelembung kecil di pinggir panci), masukkan kocokan kuning telur. Aduk, masukkan garam dan vanila essens.
5. Masak adonan dengan terus di aduk hingga mengental atau adonan menempel tipis di spatula (sekitar 7-8 menit). Matikan api biarkan adonan dingin.
6. Masukkan adonan ke dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman.
7. Keluarkan adonan dari kulkas dan masukkan ke dalam ice cream maker. Proses selama 30-40 menit. Tergantung petunjuk pada ice cream maker. Bisa langsung dinikmati atau dimasukkan dulu ke dalam freezer.




     Nahhh, pas bikin untuk yang kedua kalinya terjadilah sesuatu *halaah*, telurnya mateng karena kegedean apinya. Gagal deh, bentuknya udah kayak bubur nasi. Huhuhuhu.... nangis bombay deh. Sebel dan sedih, langsung ku buang itu adonan. Sayang banget padahal, mana pas bikinnya banyak lagi. Kata suami, ga papa sekali-sekali gagal *sambil elus-elus punggung biar diem nangisnya*.

No comments:

Post a Comment