Friday, February 15, 2013

Flan (Puding Karamel)

     Aku belum pernah nyicipin Flan, tapi udah pernah denger namanya. Flan adalah dessert dari spanyol, puding dengan topping karamel diatasnya. Beberapa orang ada yang menggunakan cream dan susu, atau ada yang hanya menggunakan susu. Tergantung selera sepertinya. Kali ini aku coba yang pake cream.
     Karena penasaran, aku mutusin buat nyoba bikin. Kalo diliat dari bentuk dan bahan-bahannya sih kayaknya enak banget. Udah kebayang sih gimana rasa dan teksturnya, pasti lembut dan creamy. Ok, berhubung hari ini libur, jadi bisa eksperimen berdua bareng suami. Berhubung belum punya ramekin, malemnya aku mampir dulu ke Ace Hardware Nagoya Hill buat berburu ramekin. Pengennya sih yang warna putih susu, tapi adanya cuma yang warna bening. Ga papa deh, yang penting nemu.  


Bahan-bahan :
- 250 ml heavy cream/whipping cream (boleh susu cair)
- 125 ml susu cair
- 1 sdt vanilla essens
- 2 btr telur
- 1 btr kuning telur
- 30 gr gula pasir
- sedikit garam

Karamel :
- 100 gr gula pasir
- 3 sdm air


Cara membuat :
1. Rebus air dalam ketel atau panci hingga mendidih. Siapkan 4 buah ramekin, letakkan di atas nampan panggang yang besar dan agak tinggi.
2. Rebus cream, susu, garam, dan vanilla dalam panci kecil menggunakan api sedang hingga mendidih. Matikan api.
3. Dalam panci kecil, masukkan gula pasir dan air untuk membuat karamel. Masak dalam api sedang, namun JANGAN DIADUK, hanya boleh memutar-mutar panci. Masak hingga berwarna amber, sekitar 10 menit. Jangan ditinggal agar karamel tidak gosong.
4. Bagi karamel ke dalam 4 buah ramekin secara cepat.
5. Kocok telur, kuning telur, dan gula hingga tercampur rata. Tuang susu hangat ke dalam adonan telur secara perlahan sambil terus di aduk hingga tercampur rata. Tuang adonan ke dalam ramekin.
6. Tuang air panas ke dalam nampan panggang hingga menutupi setengah ramekin. Panggang selama 60 menit.
7. Keluarkan dari oven dan nampan panggang. Dinginkan atau masukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas sebelum dinikmati. Untuk menyajikan, tusuk sekeliling pinggiran ramekin menggunakan pisau kecil, taruh piring di atas ramekin, balikkan ramekin.




     Sesuai dengan yang aku bayangin, teksturnya lembuuuuttt banget, rasanya creamy, meleleh di mulut. 


No comments:

Post a Comment