Monday, February 18, 2013

Tahu Isi

     Suamiku suka banget sama tahu isi. Kemaren pas kontrol kehamilan ke RS, pulangnya kita mampir ke kantin yang ada di sana. Niatnya mau beli gorengan, pas liat ada tahu isi, suami langsung nyuruh beli. Kita nyoba beli 3 biji tahu isi yang berbeda, tapi ternyata pas dimakan ga ada yang isi sayur, semuanya isi bihun. Langsung deh timbul niat buat bikin tahu isi buat suami, doi sukanya yang isi sayur.
"Mas, besok mau dibikinin tahu isi?" tanyaku.
"Iya."
     Paginya minta dianterin suami ke pasar, mau beli tauge sama santan buat bikin kue lapis. Hari ini aku bikin 2 jajanan. Sekarang lebih seneng bikin dessert ato jajanan deh daripada masak. Padahal nih ya, aku belum pernah bikin tahu isi ato pun lapis. Bahkan dessert ato jajanan yang aku bikin sebelum-sebelumnya, semuanya baru pertama kali aku bikin. Semoga tahu isi kali ini juga sukses, kan bikinnya pake cinta *jiaaaaahhhh*


Bahan-bahan :
- 8 buah tahu, potong menjadi 2 bagian diagonal/segitiga, goreng hingga coklat.

 Bahan isian :
- 120 gr wortel, potong tipis berbentuk korek api
- 100 gr kol, iris halus
- 100 gr tauge
- 1 btg daun bawang, iris halus
- 3 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 8 btr merica
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 50 ml air

Bahan pencelup :
- 150 gr tepung terigu serba guna
- 150 ml air
- 1 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1/2 cm jahe
- 1 cm kunyit
- 5 btr merica
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt garam


Cara membuat :
1. Isian : haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica. Tumis bumbu hingga harum, masukkan wortel, kol, tauge, daun bawang, dan air. Tambahkan air, gula, dan garam, aduk rata. Masak hingga sayuran matang.
2. Pencelup : haluskan semua bumbu bahan pencelup. Campur bumbu, tepung terigu, dan air dalam wadah. Aduk hingga semua tercampur rata.
3. Belah bagian atas tahu hingga ketengah (jangan sampai terpotong menjadi 2), masukkan tumisan isi.
4. Celupkan tahu ke dalam adonan pencelup.
5. Goreng dalam minyak panas hingga matang. Sajikan bersama cabai rawit atau saos sambal.




     Pas udah mateng, langsung sms suami suruh pulang cepet. Kan kalo dimakan hangat lebih enak. Tahu isi kali ini sama nasibnya kayak mendoan yang sebelumnya, langsung di sikat abis sama suami, ckckckck. Tapi seneng deh liatnya. Padahal bikin banyak niatnya mau dibagi ke tetangga juga, tapi berhubung udah diabisin suami, ga jadi deh.


No comments:

Post a Comment