Sunday, May 11, 2014

Lemon Cookies

     I love lemon. Semua yg berbau citrus aku suka, lemon, jeruk. Yg asem2 lah, bahkan manisan yg asem2 aku suka. Stok lemon selalu ada, soalnya tiap pagi minum air anget + lemon. Bikin cake pake lemon udah pernah (enak bgt), cupcake juga udah, tinggal cookies nih.
     Akhirnya kesampean juga, pas weekend. Si Zuu lagi bobok, langsung deh ya di eksekusi. Resepnya aku dapet dari Martha Stewart, tapi ada beberapa bahan yg aku skip. Baking soda, emang sih jdnya cookiesku empuk dalemnya, ga serenyah yg aslinya. Tapi gpp, yg penting bebas dr bahan kimia, soalnya kan buat baby Zuu juga. Gula juga aku kurangi, ga suka manis2 soalnya. Vanila aku skip juga, lebih suka arona lemon sih.

Bahan - bahan :
- 113 gr mentega tawar
- 130 gr gula halus
- 1/2 sdt garam
- 1 butir telur
- 1 sdm kulit lemon parut
- 2 sdm jus lemon segar
- 260 gr tepung terigu serba guna

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 180 C. Siapkan 2 buah loyang panggang untuk cookies, alasi kertas panggang.
2. Kocok mentega, gula, dan garam dengan kecepatan sedang hingga lembut (2 menit). Masukkan telur, kocok rata. Masukkan parutan kulit lemon dan jus lemon, kocok rata.
3. Masukkan tepung, aduk rata dengan spatula. Simpan 30 menit di kulkas.
4. Ambil adonan sebesar 15 gr, bulatkan. Tata di loyang, pipihkan sedikit dengan jari. Panggang selama 15-20 menit.
5. Keluarkan dari oven, biarkan 2 menit di loyang. Pindahkan ke rak kawat hingga dingin. Simpan di tempat tertutup kedap udara.




No comments:

Post a Comment