Sunday, May 11, 2014

Chocolate Cheesecake

     Cheesecake kali ini pesenan temen. Dia demen banget sama coklat, jd pengen nyobain cheesecake. Dan cheesecake coklat jd pilihannya. Pas aku icip2 adonannya, wuiiiihhhhh.,...enak kakaaaaaakkk. Ada rasa manis, coklat, asin, asem, komplit deh. Tapi rasanya pas banget, ga ada yg dominan.

Bahan - bahan :

Crust :
- 160 gr oreo tanpa krim, hancurkan
- 80 gr mentega tawar, lelehkan


Cheesecake Filling :
- 226 gr dark cooking chocolate, cincang
- 680 gr cream cheese, suhu ruangan
- 200 gr gula halus
- 20 gr coklat bubuk
- 3 butir telur
- 180 gr whip cream cair, kocok hingga setengah kaku

Topping :
- 100 gr dark cooking chocolate, cincang
- 100 ml whip cream cair

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bundar bokar pasang ukuran 23 cm / 9 inch. Olesi bagian bawah dengan mentega, kemudian lapisi dengan kertas roti. Panaskan oven dengan suhu 180 C.
2. Crust : Tuang biskuit ke dalam mangkuk besar, tambahkan mentega cair. Aduk hingga tercampur rata. Tuang adonan biskuit ke dalam loyang, tekan-tekan menggunakan bagian belakang sendok hingga padat. Panggang dalam oven selama 10 menit, dinginkan. Olesi pinggir loyang dengan mentega.
3. Cheesecake filling : Kocok cream cheese dengan mixer kecepatan sedang hingga lembut berwarna pucat. Turunkan kecepatan mixer menjadi rendah, masukkan gula halus, kocok hingga rata. Masukkan coklat bubuk, kocok rata. Masukkan telur satu persatu, kocok rata setiap satu telur dimasukkan. Masukkan whip cream cair, kocok rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang selama 30 menit dengan suhu 180 C, lanjutkan memanggang dengan suhu 160 C selama 60 menit.
5. Diamkan dalam oven selama 2 jam. Keluarkan dari oven, biarkan dingin di suhu ruang.
6. Topping : Panaskan cream, masukkan coklat cincang. Diamkan 1 menit, aduk-aduk hingga coklat leleh dan tercampur rata. Tuang ke atas cheesecake, masukkan ke dalam kulkas minimal 8 jam sebelum di sajikan.



No comments:

Post a Comment