Saturday, May 24, 2014

Green Tea Cake

     Akhirnyaaaaa.....ku menemukanmu (sihiiiyyyy), lebay lebay lebay. Tapi emang aku seneng banget bisa dapet si Green Tea ini. Udah lama banget nyarinya. Alhamdulillah bisa order online di Titan Baking, meski muahaall, hikkksss. Langsung deh ya, yg pertama terlintas di kepala adalah cake. Lalu latte dan cookies. Kemaren sempetny bikin cake dulu. Soalnya barengan sama bikin cheesecake dan cotton cake.
     Si green tea cake ini aku pake resepnya Mbak Ricky. Kata keluargaku cakenya enak, alhamdulillah. Pas di panggang aromanya wangi. Wangi green tea, wangi mentega, wangi margari, hmmmmmm. Untuk frostingnya aku pake chocolate ganache sama grean tea whipped cream.



Bahan - bahan :
- 70 gr margarin
- 80 gr mentega tawar suhu ruang
- 65 ml susu cair tawar
- 135 gr tepung terigu protein rendah
- 15 gr tepung maizena
- 15 gr green tea powder (larutkan dengan 2 sdm air panas, dinginkan)
- 1 butir telur utuh
- 5 butir kuning telur
- 5 butir putih telur
- 100 gr gula halus
- 1 sdt air jeruk lemon
- 1/4 sdt garam

Green Tea whip cream
- 300 ml whip cream cair, dingin
- 1 1/2 sdt green tea powder

Chocolate Ganache :
- 300 ml whip cream fair
- 300 gr semi sweet chocolate. potong kecil


Cara membuat :
1. Campur tepung terigu dan maizena. Ayak.
2. Adonan pasta : Panaskan mentega, margarin dan susu hingga meleleh (jangan mendidih). Matikan api. Masukkan campuran tepung, aduk rata hingga kalis. Masukkan telur utuh dan kuning telur, aduk rata hingga licin dan lembut. Masukkan green tea powder, aduk rata.
3. Adonan putih telur : kocok putih telur dengan kecepatan sedang hingga berbusa, masukkan air jeruk lemon dan garam. Naikkan kecepatan menjadi tinggi, masukkan gula halus secara bertahap sambil tetap di kocok hingga adonan kaku.
4. Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke adonan pasta. Aduk rata dengan spatula. Masukkan adonan ini ke dalam putih telur, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
5. Tuang ke dalam loyang persegi ukuran 22 cm yg telah di alasi kertas roti dan diolesi mentega. Panggang selama 50 menit dengan suhu 160 C. Dinginkan, belah  menjadi 2.
6. Whipped Cream : kocok whip cream dan green tea powder hingga kaku.
7. Ganache : Rebus whip cream dengan api sedang hingga hampir mendidih. Tuang ke dalam potongan coklat, diamkan sebentar. Kocok dengan whisk hingga tercampur rata.
8. Penyelesaian : ambil selembar cake, olesi dengan 1/2 green tea whipped cream, masukkan ke freezer 5 menit. Tuang 1/2 coklat ganache, ratakan. Tutup dengan lembar cake yg berikutnya. Olesi atasnya dengan sisa whipped cream, masukkan ke freezer 5 menit. Tuang sisa coklat ganache, ratakan. Simpan di kulkas selama 2 jam hingga ganache set.


No comments:

Post a Comment