Friday, April 11, 2014

Potato Buns

     Karena hari sabtu mau ke JKT, jadi niat bikin roti buat bekel. Awalnya mau bikin roti biasa aja, tapi pas jalan-jalan ke blognya mbak Hesti, ngeliat ada postingan potato buns (potato bread). Ternyata resepnya dari mbak Ricky, jadilah ya aku mampir ke blog mbak ricky dan ngontek resepnya, hehehe.
     Tapi, karena aku adanya cream, jadi susu aku ganti cream. Trus pake adegan kukusan kentang gosong lagi, gegara ditinggal nyusuin baby Zuu. Udah gitu pas bikin adonan, diekorin trus sama baby Zuu. Ikutan nyolek2 deh dia. Kata mbak Ricky adonan agak lengket, untung deh ya aku pake mixer buat yg buat adonan roti. Resepnya mbak Ricky di sini ya.

Bahan - bahan :
- 200 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr tepung terigu protein sedang
- 6 gr ragi instant
- 65 gr gula pasir
- 10 gr susu bubuk
- 2 butir kuning telur
- 100 gr kentang kukus, haluskan
- 100 gr cream mental
- 1/2 sdt garam
- 35 gr mentega tawar

Polesan :
susu cair

Cara membuat :
1. Campur terigu, ragi, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Masukkan telur, kentang, dan cream. Uleni hingga adonan kalis. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi hingga kalis.
3. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik wrap atau kain lembab hingga adonan mengembang 2x lipat (1 jam).
4. Kempeskan adonan, uleni sebentar agar mulus dan elastis. Bagi menjadi 16 bagian (sekitar 39 gr). Tata dalam loyang persegi uk 22x22x7 cm yg telah diolesi mentega. Tutup dengan plastik wrap hingga mengembang (30 menit).
5. Panaskan oven 200 C. Olesi bagian atas roti dengan susu cair. Semprotkan vla vanila secara cross. Panggang roti selama 20 menit (hingga atasnya kecoklatan).
6. Keluarkan dari oven, letakkan di atas rak. Olesi mentega asin selagi masih panas.


Topping vla vanila:
- 240 gr susu cair
- 2 sdm gula pasir
- 20 gr tepung maizena
- 2 kuning telur, kocok lepas
- 1/2 sdt vanila

Cara membuat :
Campur susu dan tepung dalam panci kecil, aduk rata. Panaskan di atas api kecil hingga panas (jangan mendidih). Angkat panci, tuang separuh ke kocokan telur sambil tetap di kocok. Masukkan kembali ke panci susu, aduk rata. Letakkan kembali di atas kompor hingga kental. Segera tutup atasnya dengan plastik wrap, dinginkan. Simpan di kulkas.



     Ya ampun beneran ini roti empuk banget. Berasa kayak yg beli2 di toko, hehehe. Besok2 mau bikin lagi ahhhh. Yang ga aku lupain pas bikin roti ini adalah, diekorin kemana-mana sama baby Zuu. Lucu, seneng, dia ikutan bikin. Sisa2 mentega sama kentang di mangkuk di colek2 trus di maem. My sweet baby Zuu, luv u so much

No comments:

Post a Comment