Saturday, April 5, 2014

Donat Kentang Panggang

     Suka banget sama donat kentang, empuk soalnya. Tapiiiii....klo makan bnyk2 agak eneg, mungkin krn biasa beli yg digoreng. Kali ini pengen coba bikin yg dipanggang, biar lebih sehat, jauh dr minyak goreng. Trus biar ga repot2 goreng menggoreng, hehehe. resepnya aku pake resep donat kentang goreng punya NCC dr bu Fatmah Bahalwan. Cuma aku dicetak pake cetakan donat dan dipanggang. Teruuuusss karena aku punya mixer baru yg bisa buat ngadon bahan rati ato donat, jd tanganku ga pegel2 deh, :D




Bahan - bahan :
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 50 gr susu bubuk
- 1 bks (11 gr) ragi instan
- 100 gr gula pasir
- 2 butir telur (aslinya 4 kuning telur)
- 200 gr kentang, kukus, haluskan, dinginkan
- 100 ml air dingin
- 75 gr mentega
- 1/4 sdt garam

Lemon glaze :
- 120 gr gula halus
- 2 sdm air jeruk lemon

Cara membuat :
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula, aduk rata. Masukkan kentang, telur dan air. Uleni adonan hingga setengah kalis.
2. Masukkan mentega dan garam. Terus uleni hingga adonan benar2 kalis. Tutupi dengan kain atau plastik wrap. Diamkan selama 30 menit.
3. Kempiskan adonan, giling menggunakan rolling pan. cetak menggunakan cetakan donat. Diamkan kembali selama 30 menit.
4. Panggang dengan suhu 200 C selama 20-30 menit.
5. Glaze : Aduk hingga rata gula dan air jeruk lemon hingga tercampur rata.



     Anget, empuk, wangi, trus ditemenin sama coklat panas, hmmmm yuuuuummmm.

Tips membuat donat dr NCC:
- Siapkan semua bahan dengan baik, tanpa ada yang tertinggal satupun, termasuk garam lho yaaa.
- Seperti halnya membuat roti, harus selalu diingat kalau ragi dan atau mentega gak boleh ketemu garam, karena nanti raginya mati dan tidak bisa mengembangkan adonan. Jadi masukkan garam dan mentega setelah adonan setengah kalis.
- Haluskan kentang sampai benar-benar halus sehingga adonannya bisa licin.
- Kentang halus dimasukkan setelah benar-benar dingin ya. Kalau masih panas dimasukkan adonan, bisa mengakibatkan ragi mati dan tidak berfungsi.
- Uleni adonan hingga kalis elastis sehingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin sehingga donatnya bisa cantik setelah digoreng.
- Selalu gunakan api sedang, agar donat tidak cepat gosooong.
- Gunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar ini juga membantu terbentuknya donat yang bundar.
- Setelah salah 1 sisinya kecoklatan, segera balikkan dan teruskan menggoreng hingga sisi yang lain kecoklatan. Segera angkat dan tiriskan.



No comments:

Post a Comment