Friday, April 18, 2014

Japanese Cheesecake

     Cake ini lembuuuutt banget, nyes nyeeess...pas di gigit. Dan sebelnya ini ke-4 kalinya aku bikin dan baru sukses besar. Sebelumnya, aku gagal 3x dan berkorban mangkuk kaca kesayangan. Yang pertama, putih telur dr kulkas langsung aku kocok, ya ga ngembanglah (waktu itu belum ngeh). Plus bocor juga.
     Kedua, loyangnya bocor. Lapisan kertas alumunium di sekeliling loyang kurang bnyk. Krn waktu itu pake yg biasa, bukan yg heavy duty.
     Ketiga, ga tau kenapa ci cake udah ngembang trus turun drasti banget, jd meninggalkan cekungan. Soalnya pinggirannya nempel. Yg ini sepertinya krn loyangku kurang tinggi. Trus pas si kue ngembang, dia ga ada "pegangan". Ini tp menurutku sih, hehehe.
     Yg keempat, akhirnya aku ikut cara mbak Ricky. Disekeliling loyang di lapisi kertas roti, dan kertas rotinya dilebihi ke atas. Resepnya aku juga liat dr blognya mbak Ricky. Di situ ada 2 resep, aku pake yg punya Diana's Dessert. Tapi susunya aku ganti cream dan gulanya aku kurangi.

Bahan - bahan :
- 250 gr cream cheese, suhu ruang
- 50 gr mentega tawar, suhu ruang
- 100 gr whip cream cair, suhu ruang
- 60 gr tepung terigu serba guna
- 20 gr tepung maizena
- 6 butir kuning telur
- 2 sdt parutan kulit jeruk lemon
- 6 butir putih telur
- 125 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat ukuran 20 cm atau 22 cm. Alasi kertas roti bagian bawah dan sampingnya. Panaskan oven dengan suhu 150 C.
2. Campur tepung terigu dan maizena, ayak.
3. Campur mentega, cream cheese dan whip cream cair. Panaskan di atas api kecil hingga meleleh dan tercampur rata, angkat.
4. Masukkan tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan parutan kulit lemon, aduk rata.
5. Kocok putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbusa, naikkan kecepatan menjadi sedang-tinggi, masukkan gula pasir dan garam sedikit demi sedikit, kemudian air jeruk lemon sambil tetap di kocok. Kocok hingga mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
6. Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang adonan ini ke dalam kocokan putih telur, aduk sampai tercampur rata. Tuang ke dalam loyang, panggang selama 90 menit dengan cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dengan loyang air).
7. Keluarkan dari oven, dinginkan. Keluarkan dr loyang, kupas perlahan kertas rotinya.


     Alhamdulillah kali ini jadi, makasih buat suamiku karena udah ngajarin cara melapisi pinggiran loyang bulat dengan gampang *kisskiss*

No comments:

Post a Comment