Sunday, April 20, 2014

Angel's Food Cake

     Di sela2 bikin croissant, aku bikin es krim juga. Jadi punya banyak stok putih telur. Udah lama pingin bikin Angel's Food Cake, cuma si cream of tartar ga nongol2. Aku liat resepnya dari websitenya joy of baking, dari situ aku juga dapet info, klo seandainya ga nemu cream of tartar, bisa di ganti garam sama air lemon. Langsung deh ya di eksekusi itu putih telur.
     Gulanya aku kurangi, soalnya ga suka manis2. Ternyata udah dikurangi pun masih manis banget. Jadi aku makannya sama es krim vanila dan potongan buah jeruk sunkist plus airnya.
     Btw, kenapa ya namanya angel's food?? Karena katanya teksturnya yg ringan menjadikan cake ini seharusnya jadi makanan para malaikat. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan baca di sini.

Bahan - bahan :
- 12 buah putih telur (360 ml), suhu ruang
- 125 gr tepung terigu protein sedang yg telah diayak
- 200 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm air jeruk lemon
- 1 sdt vanila bubuk

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 180 C. Siapkan loyang tulban berkaki ukuran 25 cm yg bisa dilepas bawahnya.
2. Kocok putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbusa. Masukkan garam, vanili bubuk dan air lemon. Kocok dengan kecepatan sedang hingga soft peak (ketika mixer diangkat, adonan jatuh secara lambat dan membentuk kerucut tumpul).
3. Masukkan gula pasir 1 sendok makan setiap kali. Kocok dengan kecepatan tinggi, tunggu sebentar (agar gula larut) untuk memasukkan porsi gula yg berikutnya. Lakukan hingga gula habis. Kocok hingga adonan kaku dan mengkilat.
4. Masukkan tepung sebanyak 3x, aduk rata setiap bagian masuk.
5. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaan dengan punggung sendok. Masukkan pisau ke dalam adonan dengan gerakan mengelilingi loyang untuk mencegah adanya gelembung udara. Panggang selama 45 menit.
6. Setelah matang, langsung keluarkan dari oven. Balik loyang di atas meja. Jika loyang tidak berkaki, letakkan bagian atas (bulat kecil) di mulut botol atau gelas. Biarkan dingin selama 1 1/2 jam.
7. Setelah dingin, masukkan pisau ke pinggiran loyang (mengelilinggi pinggir loyang), bagian bawah dan tengah, untuk melepas cake.




No comments:

Post a Comment