Friday, March 21, 2014

Baked Doughnuts with Cinnamon Glaze

     Aku tau ada donat dipanggang karena baca salah satu novelnya Belle Aurora. Abis itu langsung berburu resepnya di internet. Tapi hampir semua resep itu pake yang donat panggang bertekstur cake. Aku ga tertarik sih kalo yg teksturnya mirip cake. Pas beli tepung Cakra, di belakang bungkusnya ada resep donat panggang yg biasanya digoreng. Langsung deh ya aku contek resepnya.
     Aku pake margarin, karena salah satu tips sukses bikin donat adalah mentega dan garam di masukkan setelah ragi tercampur rata dengan adonan, karena takut garemnya ga nyampur, jadi aku pake margarin, soalnya ga punya mentega asin.

Bahan - bahan :
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 50 gr gula pasir
- 1 bks ragi instant (11 gr)
- 2 butir telur
- 200 ml susu cair
- 50 gr margarin

For Glaze :
- 30 gr mentega asin/margarin
- 100 gr gula pasir
- 1 sdm bubuk kayu manis
- 1 sdm susu cair

Cara membuat :
1. Siapkan mangkuk besar, masukkan bahan kering (tepung terigu, gula pasir, ragi instan), aduk hingga benar-benar rata. Masukkan susu cair dan telur, uleni adonan hingga rata dan agak kalis.
2. Masukkan margarin, uleni adonan hingga benar2 kalis (kenyal, elastis, bisa dibentuk dan tidak lengket). Tutup adonan dengan kain bersis atau plastik wrap. Diamkan hingga adonan menjadi 2x lipat (sekitar 30 menit).
3. Kempiskan adonan, uleni sekali lagi sekitar 5 menit. Bentuk adonan menjadi bulatan seberat 50 gram. Buat lubang ditengah dengan sumpit atau jari tangan, tata di loyang panggang. Tutup lagi dengan kain bersih atau plastik wrap, diamkan hingga sebesar 2x lipat.
4. Panggang dengan suhu 200 C selama 20 menit.
5. Glaze : lelehkan mentega dalam panci kecil, masukkan gula pasir, bubuk kayu manis dan susu cair. Aduk rata, masak hingga gula leleh (sekitar 5 menit). 
6. Ambil donat, celupkan bagian atas ke dalam glaze. 


     I'm in love with the glaze. Mungkin krn ada rasa asin dr si margarin, jadi rasanya bisa paaaaasss banget. Padahal komposisinya aku asal2an, hahahahaha. Enjoy with the hot cinnamon milk. Hmmmm...yuuuuummmm.

No comments:

Post a Comment