Thursday, June 6, 2013

Puding Stroberi

     Akhirnya...akhirnya.....ketemu juga ini buah stroberi pas lagi belanja mingguan kemaren. Sekian lama daku mencarinya *halah...* Soalnya mulai susah nyari stroberi, mungkin udah ga musim kali yaa.....Alhamdulillah ketemunya juga yg organik, yeeeyyyy.......
     Berhubung udah ketemu bahan utamanya, mari kita puding stroberi yang udah lama ketunda. Sebenernya pengen bikin puding coklat stroberi, tapi pas minta saran suami, katanya bikin puding stroberi aja. Yo wes lah, nurut suami wae biar jadinya bagus :D


Bahan - bahan :
- 250 gr stroberi
- 1 bungkus agar-agar bubuk tanpa warna (7gr)
- 600 ml susu cair putih
- 50 gr gula pasir

Bahan saus vanila :
- 300 ml susu cair putih
- 15 gr gula pasir
- 2 sdt tepung maizena (larutkan dengan 1 sdm air)
- 1 butir kuning telur, kocok lepas
- 1 sdt esens vanila

Bahan saus coklat :
- 100 gr dark cooking chocolate, cincang
- 100 ml susu cair


Cara membuat :
1. Proses stroberi menggunakan juicer.
2. Rebus susu cair, agar-agar bubuk, dan gula dengan api sedang hingga mendidih. Masukkan jus stroberi, aduk rata dan masak kembali hingga mendidih. Matikan api.
3. Tuang ke dalam cetakan yang telah dibasahi air matang.
4 Saus vanila : rebus susu cair dan gula pasir sambil diaduk sesekali hingga mendidih. Kecilkan api. Ambil sedikit rebusan susu, masukkan ke dalam kuning telur, aduk rata. Masukkan kembali ke dalam panci. Masukkan maizena cair, aduk rata, masak hingga mendidih. Matikan api.
5. Saus coklat : masukkan coklat cincang dan susu ke dalam panci kecil. Masak dengan api kecil hingga coklat larut dan tercampur rata.




     Mau bikin 1 saus aja juga ga papa. Kedua saus sama enaknya koq. Merah2 itu sebenernya stroberi yg aku taruh di cetakan, ga taunya malah ketutupan pudingnya. Yaaahhhh...tapi tetep enak koq.

No comments:

Post a Comment