Monday, June 17, 2013

Es Krim Durian

     Lagi musim duren nih di mari, dipinggir jalan mulai berjamur pedagang duren. Dan aku dapet duren dari kebun temennya bapak, dikasih 3 kepala, aseeeeekkkkk. Secara kan ya, daku dr kecil maniak duren. Dulu zaman masih kecil di rumah yg doyan duren cuma aku sama bapak, yg lain pd mau muntah katanya. Setelah gedean dikit adek ku baru mulai ikutan doyan.
     Selain di kasih duren utuh, ummi sama bapak mbawain bubur duren sama ketannya. Aduhhh maaaaakkkk....langsung dihajar itu bubur. Berasa ga pengen berenti makan padahal perut udah teler. Pas lagi asik makan duren sama suami, diriku jd mikir, dibikin es krim enak kali ya. Dan kebetulan di rumah ada cream yg nganggur. Awalnya sih itu cream mau dibikin es krim mangga, tapi mangganya ga nemu2. Yo we lah ya, ntar kalo udah ketemu mangganya baru kita bikin, sekarang es krim duren dulu.


Bahan - bahan :
- 250 gram daging buah durian tanpa biji
- 300 ml susu cair
- 200 ml heavy cream/whipping cream
- 3 butir kuning telur
- 30 gr gula halus
- sedikit garam


Cara membuat :
1. Haluskan daging buah durian meggunakan garpu.
2. Kocok kuning telur dan gula hingga berwarna pucat dan kental menggunakan mixer atau balloon whisk.
3. Panaskan 1/2 susu cair dan cream dalam panci di atas api kecil sambil diaduk-aduk. Sementara itu, campur kocokan kuning telur dengan 1/2 sisa susu.
4. Saat susu dan cream mulai bergelembung kecil di pinggiran, masukkan kocokkan kuning telur ke dalam panci. Aduk-aduk, tambahkan garam.
5. Masak adonan dengan terus di aduk hingga mengental atau adonan menempel tipis di spatula. Matikan api biarkan adonan dingin.
6. Campur adonan dengan daging buah durian, aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan ke dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman
7. Keluarkan adonan dari kulkas dan masukkan ke dalam ice cream maker. Putar selama 30-40 menit. Tergantung petunjuk pada ice cream maker. Bisa langsung dinikmati atau dimasukkan dulu ke dalam freezer.




     Kalo soal rasa, ga usah ditanya lagi lah yaaaaa....enak dunk pastinya. Lembut, manisnya pas, soalnya duriannya juga manis. Apalagi udah lama banget ga makan es krim buatan sendiri, yuuummmmyyy.....


No comments:

Post a Comment