Thursday, June 27, 2013

Mango Cheesecake

     Dulu, aku pikir bikin cheese cake itu susaaaahhh bgt. Soalnya ada tmn yg bilang gitu. Jd aku males nyoba bikin, takut gagal. Tapiiii, setelah tau ada cheese cake yg no-bake, jenis yg ga perlu dipanggang pake oven, sooo...aku pengen coba bikin. Soalnya yg no-bake ini gampang bgt, tinggal mixer2 trus masukin lemari es.
     Aku berencana bikin cheese cake nya pas wedding anniversary. Tapiii...bnyk bgt kendalanya. Mulai dr stroberi yg ga ada di toko2, mangga yg udah dibeli trus mentah, untung aja bisa nitip beli mangga lagi ke tetangga yg ke pasar.
  

Bahan - bahan :
- 250 gr biskuit marie
- 125 gr mentega, lelehkan
- 600 gr cream cheese
- 250 gr whipped cream
- 100 gr gula halus
- 1 buah mangga, proses dengan juicer/blender

Bahan topping :
- 2 buah mangga, proses dengan juicer/blender
- 25 gr gula pasir


Cara membuat :
1. Siapkan loyang bundar bokar pasang ukuran 22 cm. Olesi bagian bawah dengan mentega, kemudian lapisi dengan kertas roti.
2. Masukkan biskuit ke dalam plastik (zip lock), hancurkan hingga halus. Tuang ke dalam mangkuk, tambahkan mentega cair. Aduk hingga tercampur rata.
3. Tuang adonan biskuit ke dalam loyang, tekan-tekan menggunakan bagian belakang sendok hingga padat. Masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam.
4. Masukkan cream cheese dan gula halus ke dalam wadah. Mixer hingga adonan menjadi halus. Tambahkan cream, mixer kembali hingga kental dan halus. Masukkan jus mangga, mixer kembali hingga tercampur rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Masukkan ke dalam lemari es selama 3-4 jam sebelum di sajikan.
6. Topping : masukkan jus mangga dan gula ke dalam panci. Masak di atas api sedang hingga gula larut. Matikan api.
7. Sajikan cheese cake dengan saus mangga.





     Ga nyangka di wedding anniv yg ke-3 ini aku bisa bikin sesuatu yg dulunya aku anggap mustahil. Rasanya enaaaaakkkk, lembut, creamy (kalo ini pasti lah ya, secara cream semua isinya). Yg bikin lebih enak lagi tuh ada asem2 mangganya. Untung juga ternyata mangga yg aku punya belum mateng sempurna, jadi masih ada rasa asemnya, bikin ga gitu eneg makannya.
    






No comments:

Post a Comment