Friday, May 24, 2013

Puding Soya Saus Jahe

     Aku dan suami suka banget sama sesuatu yang berbau kacang kedelai, terutama tempe. Haduuhhh...... suamiku sampe aku kasih julukan hantu tempe. Begitu ketemu tempe, langsung deh licin tuh piringnya. Loh..lohh..koq jadi ngomongin tempe sihhh....kan kita mau bikin puding. Ya habis, bahannya berbau-bau kedelai sih, kan jadi inget tempe.
     Kali ini pengen nyoba bikin puding soya. Kalo kasih nama "puding susu kedelai" kepanjangan deh, jadi diriku ambil "soya" aja biar gampang ngucapinnya. Berhubung aku ga sempet bikin susu kedelai sendiri *maklum book rempong*, jadi aku beli aja yang asli homemade. Terjamin keasliannya, karena orang yg bikin langganan bibiku. Terusss, karena pengen bikin yg lembut, jadi aku banyakin susu kedelainya.


Bahan :
- 1200 ml susu kedelai tawar
- 1 bungkus agar-agar bubuk tanpa warna (7 gr)
- 180 gr gula pasir

Bahan saus :
- 40 gr jahe (bakar & memarkan)
- 100 gr gula merah, iris-iris
- 300 ml air
- 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan 1 sdm air)

Cara membuat :
1. Siapkan panci, masukkan susu kedelai, agar-agar, dan gula pasir, aduk rata. Masak di atas api sedang hingga mendidih.
2. Matikan api, tuang ke dalam cetakan puding yang telah dibasahi air matang. Dinginkan.
3. Saus : rebus air, gula merah, dan jahe hingga mendidih, saring.
4. Masukkan kembali ke dalam panci, tuang larutan maizena. Masak kembali hingga mendidih.
5. Sajikan puding bersama sausnya.




Note : sebaiknya puding dituang ke dalam gelas-gelas kecil atau cup-cup plastik. Karena teksturnya yang lembut tidak memungkinkan untuk mengeluarkannya dari cetakan.


     Naaahhh...ternyata saus jahenya itu bikin ga eneg kalo pengen makan pudingnya banyak. Untung aja daku berinisiatif pake saus, kalo ga kan ga bisa makan langsung banyak. Padahal kan pudingnya enak dan lembuutt.


No comments:

Post a Comment