Monday, September 7, 2015

Mocha Almond Fudge Ice Cream

   

     Dulu, waktu belum pinter bikin es krim, aku dan suami sering beliin es krim nya baskin robin. Favorit kita itu jamocha almond. Es krim rasa mocha dengan potongan almond dan ada chocolate fudge-nya.
     Kali ini pas ada almond, jd niat banget buat bikinin suami ini es krim. Tapi ya, ternyata almondnya gosong pas dipanggang, hahaha. jado agak2 pait. Tapi tetep aja aku masukin ke es krim, masih enak koq, soale ga gosong2 amat. Kata suami, pas cicip custard es krimnya kemanisan. Jadi untuk saus coklatnya aku bikin tanpa tambahan gula. Pas udah jadi, enak ternyata, malah aku lebih suka si saus coklat itu. Manisnya si es krim ditambah si saus coklat yg pait, pas banget jadinya. Emang dasarnya aku dan suami ga suka manis2 sih, jd kalo buat orang lain pasti manis es krimnya pas.

Bahan - bahan :
- 300 ml krim kental
- 300 ml susu cair
- 2 sdm kopi instan (12gr)
- 1 sdm coklat bubuk
- 1/8 sdt garam
- 100 gr gula halus
- 5 butir kuning telur
- 70 gr almond panggang, cincang

Coklat saus :
- 15 gr mentega tawar
- 50 gr dark cooking chocolate
- 4 sdm krim kental
- 1 sdm coklat bubuk



Cara membuat :
1. Tuang krim, susu, kopi, coklat bubuk, dan garam ke dalam panci, aduk rata. Masak hingga hampir mendidih (muncul gelembung2 kecil di pinggir panci).
2. Sementara itu, kocok kuning telur dan gula hingga kental dan pucat.
3. Ambil 2 sendok sayur besar rebusan susu ke dalam kocokan telur, kocok hingga tercampur rata. Tuang ke dalam sisa rebusan susu di dalam panci. Masak hingga adonan kental, sekitar 7 menit.
4. Saring adonan ke dalam mangkuk besar, dinginkan. Simpan di dalam kulkas selama minimal 4 jam atau semalaman.
5. Pastikan untuk menyimpan mangkuk mesin es krim ke dalam freezer semalaman.
6. Masukkan adonan ke dalam mesin es krim. Proses sesuai dengan petunjuk es krim masing masing (punyaku selama 25 menit).
7. Selagi es krim di proses, buat sausnya. Masukkan semua bahan ke dalam panci kecil. Masak di atas api sedang hingga semua bahan tercampur rata dan licin.
8. Masukkan almond ketika es krim hampir membeku (10 menit sebelum es krim mengeras).
9. Tuang sebagian es krim ke dalam wadah, ratakan, beri saus coklat secara acak. Tuang sisa es krim, ratakan, beri saus coklat lagi. Bekukan.



No comments:

Post a Comment