Tuesday, September 8, 2015

Chocolate Lasagna

  

     Pertama kali liat di blognya mbak Hesti, langsung ngiler dan bertekad untuk bikin. Tapi baru kesampean kemaren. Soale pas liat itu pas pulak cream cheese lagi kosong di TBK. Dan lama banget baru nongol lagi. Tapi alhamdulillah akhirnya kesampean bikin sebelum aku lahiran. Menuruku sih ini tipe makanan yg eneg kalo dimakan langsung dalam jumlah banyak. Aku makan 4 sendok aja udah berasa full. Cuma aku suka sama rasa lapisan/puding coklatnya. Ga terlalu manis, pait coklatnya pas buat aku.
     Untuk oreonya, aku ga pake filling. Soalnya takut kemanisan. Tapi pas guggling sih pada ikutan di blender itu filling oreonya, punyak mbak hesti juga. Kalo SiMbak sih ga doyan dia yg beginian. Pokoknya tipe yg lembek2 gini dia ogah. Wong bubur ayam aja dia ga doyan.
     Untuk taburan atas aku pake coklat parut. Soalnya kata mbak Hesti pake choco chips ga nyambung. Emang sih pas guggling juga semua pada choco chips. Tapi aku ga ikutan ah, ntr ga pas pulak kombinasinya. Resepnya aku liat di blog mbak Hesti.

Bahan - bahan :

Bahan A, Crust :
- 2 bks oreo (30 keping), singkirkan creamnya
- 70 gr mentega tawar, lelehkan

Bahan B, Puding Coklat :
- 50 gr tepung maizena
- 1 sdm coklat bubuk
- 80 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 400 ml susu cair
- 200 ml santan instan
- 200 gr dark cooking chocolate, cincang
- 1 sdt vanila esens

Bahan C, krim putih :
- 250 gr cream cheese, suhu rang
- 100 gr gula halus
- 2 sdm susu cair
- 300 ml whip cream cair, kocok

Cara membuat :
1. Bahan A : blender oreo hinge halus, tuangi mentega leleh, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Simpan di kulkas.
2. Bahan B : campur semua bahan di dalam panci kecuali dcc, aduk hingga semua tercampur rata dan tepung tidak bergerindil. Masukkan dcc cincang, masak di atas api sedang hingga kental dan meletup-letup. Angkat, aduk terus hingga licin. Dinginkan sambil sesekali diaduk agar permukaan tidak berkulit.
3. Bahan C : kocok cream cheese dan gula hingga lembut, tambahkan susu cair, kocok rata. Masukkan whip cream, kocok hingga tercampur rata.
4. Penyelesaian : tuang separuh adonan C (cream cheese) di atas oreo, ratakan. Tuang semua adonan  B (coklat) di atasnya, ratakan. Tuang kembali sisa adonan C. Ratakan. Simpan di kulkas hingga set (minimal 4 jam). Taburi coklat parut, sajikan.




No comments:

Post a Comment