Friday, September 11, 2015

Almond Pulp Brownies


     Abis bikin susu almond, sayang kan sama ampasnya. Masak dibuang gitu aja, barang mahal ihh si almond itu. Jadilah aku guggling resep cake ato apapun yg pake ampas almond. Dan ketemulah aku sama resep di blog ini. Yg punya blog bilangnya cake, cuma kalo buat aku ini bronis. Soalnya kan tanpa BP ato BS ato emulsifer, trus bikinnya juga cuma diaduk-aduk mirip bronis. Teksturnya juga dense dan lembab kyk brownies fudgy, so aku sebut lah ini bronis.
     Awalnya agak takut kalo rasanya bakal aneh. Apalagi kalo liat bahan-bahannya yg mahal, kalo gagal kan nangis huhuhu. Tapi ternyata tidak sodara-sodaraahhhh....rasanya endes banget. Enak, lembut, moist, padet, lembab, nyoklat banget, ahhhh semua2 deh. Bikinnya pun gampang, dan yg pasti gluten free temans. Meski ga pake tepung tapi rasanya ga aneh menurutku, malahan enak ya ada sensasi almondnya yg masih butiran kecil gitu. Surprisenya sih ada kulit arinya si almond yg masih agak besar, kerasa pas dimakan. Soalnya aku pake hurom slow juicer sih ya, kalo pake blender bakal lebih halus kayaknya. Dan yg bikin aku suka banget rasa coklatnta itu kental banget, karena gula aku kurangi jadi ga manis. Ahhhhh suka deh pokoknya sama rasanya.


Bahan - bahan :
- 170 gr dark cooking chocolate, cincang
- 113 gr mentega tawar
- 1/2 sdt garam
- 50 gr coklat bubuk
- 200 gr gula halus (aku pake 150 gr)
- 130 gr ampas almond
- 3 kuning telur dan 1 telur utuh (kuning telur bikin bronisnya lembut, tapi 3 telur utuh juga gpp)
- chocolate chip buat taburan

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 170 C. Alasi loyang brownies uk 30x10 cm atau loyang kotak 20 x 20 cm dengan kertas panggang.
2. Lelehkan dcc dan mentega dengan cara double boiler. Angkat.
3. Masukkan gula dan garam, aduk rata. Masukkan coklat bubuk dan ampas almond, aduk rata. Masukkan telur dan kuning telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, taburi choco chips. Panggang selama 30 menit.



No comments:

Post a Comment