Friday, September 11, 2015

Almond Milk & Chia Seed Pudding


     Penasaran kalo susu almond dibikin puding gimana rasanya. Pas guggling2 nemu resep puding chia seed, soalnya dia pake susu almond juga bikinnya. Galau, mau bikin puding biasa ato yg chia seed ini. Akhirnya aku putuskan aku bikin dua2nya. Berhubung chia seed ku belum sampe, jadi aku pinjem punya temen dulu.
     So, tadi pagi aku bikin susu almond lagi. Bikin langsung dalam jumlah banyak. Kali ini untuk 1 cup almond aku pake 3 cup air. Tetep enak dan creamy. SiMbak masih tetep suka, suami juga. Tetangga yg aku kasih segelas juga jatuh cinta sama susu almondnya. 
     Pudingnya enak, berasa creamy banget yg di chia seed. Kalo yg di puding susunya standar sih menurutku, tapi kerasa bedanya antara puding pake susu almond ini sama puding pake susu sapi yg biasa aku bikin. Tapi SiMbak suka bgt tuh sama puding susunya. Kalo yg chia seed dia susah ngunyah kayaknya, jd dia ogah disuapin yg itu. Resep yg chia seed aku liat di sini. Kalo yg puding susu aku pake resep cemplung aja, hihihi.
     Ahhhh tapi aku masih pengen, soale enak. Cuma dapet 3 gelas. Makannya sama stroberi, almond slice, plus kismis jadi lebih enak. Mungkin krn creamy bgt, jd kudu ditambahi yg asem2 gitu kali ya biar ga eneg. 

Bahan - bahan :
Chia seed :
- 250 ml susu almond mentah
- 4 sdm chia seed
- 1 1/2 sdm madu
- sedikit garam laut

Puding susu almond :
- 500 ml susu almond mentah
- 4 sdm gula pasir (5-6 klo suka manis)
- 1/2 bks agar-agar putih (3,5gr)
- 1/8 sdt jelly warna putih
- sedikit garam


Cara membuat :
1. Chia Seed : siapkan gelas atau wadah, masukkan susu, madu, garam dan chia seed. Aduk rata. Aduk setiap 5-10 menit agar chia seed tidak menggumpal di bawah. Setelah sekitar 4-5 kali adukan, simpan di kulkas hingga set (aku 4 jam).
2. Puding susu : campur semua bahan dalam panci. Masak di atas api sedang hingga mendidih. Tuang ke dalam gelas-gelas. Biarkan hingga dingin dan beku. Simpan di kulkas.
3. Penyajian : tuang chia seed ke atas puding susu. Beri topping stroberi, kismis, almond slice panggang. 




1 comment:

  1. nice.. i try it and had really good taste of it :):)
    Thank you for sharing this recipe

    ReplyDelete