Tuesday, March 31, 2015

Salted Caramel



     Dari dulu pengen bangen bikin salted caramel. Tapi ga kesampean terus, gara2 susah nyari sea salt. Soalnya pernah baca di blognya sapa gtu, dia bilang kalo untuk karamel wajib pake garam laut, ntr takut rasanya beda. Soalnya garam laut itu katanya ga begitu asin, plus kandungannya juga beda sama garam meja.
     Browsing lah aku akhirnya, di indo kagak ada yg jual. Akhirnya browsing di yg di singapura, nemu. Minta tolong temen lah akhirnya pas dia ke sana buat beliin. Harganya lumayan mihil ya, skitar 8 dolaran per 250gr.
     Resep karamel asin ini aku liat di browneyedbaker.com. Ada foto step by stepnya, jd gampang klo mau bikin. Dan demi buat karamel ini, aku sampe beli candy thermometer. hahahaha. Pas ngaduk2 gula ternyata lebih gampang pake spatula kayu, pake whisker masuk2 dia gulanya.

Bahan - bahan :
- 400 gr gula pasir
- 170 gr mentega tawar, suhu ruang
- 240 ml cream mental, shut rang
- 1 dm flaky sea salt

Cara membuat :
1. Masukkan gula pasir ke dalam panci besar berbahan dasar tebal. Masak di atas api sedang sambil diaduk-aduk dengan spatula kayu hingga gula mulai meleleh. Gula akan berbentuk gumpalan besar, it's ok, teruskan mengaduk, lama-lama akan meleleh. Stop mengaduk setela gula leleh, teruskan dengan menggoyang-goyang panci hingga gula benar2 leleh semua.
2. Teruskan memasak hingga gula berwarna coklat keemasan dan mulai tercium aroma memanggang.
Atau ketika termometer menunjukkan angka 350 F.
3. Masukkan mentega secara sekaligus, hati-hati karena akan meletup-letup. Aduk hingga mentega meleleh.
4. Matikan api, masukkan cream. Hate-hati juga karena adonan akan naik ke atas. Aduk rata hingga semua tercampur. Masukkan garam laut, aduk rata. Biarkan selama 15 menit, masukkan ke dalam wadah, tutup rapat. Biarkan si suhu ruang hingga benar-benar dingin. Simpan di kulkas. Dapat bertahan selama 2 minggu.



No comments:

Post a Comment