Thursday, March 19, 2015

Seedless strawberry Jam

    

     Pengen nyoba bikin selai stroberi. Trus selainya mau dibikin jam bars. Udah lama bgt pengen binik jam bars, tapi selalu gagal tereksekusi. Nemu resep selai ini di blognya mbak Ricky. Aku pernah beli selai stroberi di supermarket, rasanya manis doang. Baunya ga enak juga. Selai bikinanku tadi wanginye seger. Rasanya juga pas menurutku, ga manis bgt dan ga asem bgt. Klo punya mbak ricky masih ada biji2nya, kalo punya ku aku saring. Soalnya pas nyicip yg msh berbiji, ga enak bgt teksturnya. Jadi aku saring pake saringan kecil. Alhasil tangan berasa pedih krn nekan2.
     Beratnya pas aku timbang dapet sekitar 385 gr. Total waktu masaknya di atas api sekitar 25 menit. Alhamdulillah hasilnya kental, sesuai dengan harapan. Pertamanya was-was, takut masih encer. Selai ini bisa tahan selama 3 minggu di kulkas.

Bahan - bahan :
- 500 gr strawberry segar (berat bersih tanpa daun dan batang)
- 300 gr gula pasir
- 1 buah jeruk lemon, peras airnya

Cara membuat :
1. Cuci bersih stroberi, tiriskan, potong-potong.
2. Rebus botol kaca selama 5 menit. Biarkan tetep di air rebusan sampai akan digunakan.
3. Masak stroberi di atas api sedang hingga mengeluarkan air dan mendidih. Masukkan gula pasir aduk rata. Masukan perasan jeruk lemon. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk agar bagian bawah panci tidak gosong. Tekan-tekan buah stroberi dengan punggung sendok agar hancur. Jika menginkan selai dengan potongan stroberi, jangan ditekan-tekan. Masak hingga kental dan meletup-letup. Angkat dari atas api.
4. Saring selai menggunakan saringan sambil ditekan-tekan. Ambil botol kaca, lap bersih dengan tisu atau kain bersih. Masukkan selai, segera tutup dan dinginkan. Masukkan ke dalam kulkas setelah dingin.



No comments:

Post a Comment