Friday, March 20, 2015

Strawberry Jam Bars



     Sebenernya udah lama banget pengen bikin ini, dari tahun lalu kayaknya. Cuma selalu ga sempet terus. Ada aja yg dibikin. Kemaren udah bikin selai, jadi hari ini bisa bikin bars ini deh. Rasanya enak banget. Manis asemnya pas, wangi mentega sama vanilanya bikin ngences. Resepnya aku lihat di webnya Laura Vitale. Hanya saja untuk takaran gula aku kurangi, aku ga suka yg manis2. Laura pake 200 gr. Buatku ini aja udah manis. Kayaknya tiap kali aku nyontek resep orang luar sono pada manis2 deh. Mereka pake gulanya banyak banget.
     Bar ini tipe crustnya yg beremah, mungkin krn pake mentega dalam jumlah banyak. Tapi beremahnya itu kering, jadi enak. Untuk mentega aku suka pake mentega tawarnya orchid. Wanginya enak. Kalo anchor kurang wangi. Pake mentega asinnya cap tong enak juga kyknya, tapi takut asin. Soalnya ini menteganya kan dalam jumlah banyak.

Bahan - bahan :
- 227 gr mentega tawar, suhu ruang
- 150 gr gula pasir butiran kecil
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt vanila essens
- 1 butir telur
- 1/2 sdt baking soda
- 260 gr tepung terigu serba guna
- 200 gr selai stroberi

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 175 C. Alasi loyang kotak ukuran 22 x 22 cm dengan kertas untung memanggang. Sisakan kertas pada bagian samping-samping loyang. Tujuannya agar memudahkan saat mengambil bar. Soalnya tekstur barnya lembut dan ada selainya, kalo di balik takut hancur.
2. Kocok mentega, garam, dan gula hingga rata dengan mixer. Atau bisa menggunakan ballon whisk atau spatula. Masukkan telur dan vanila essens. Kocok rata.
3. Aduk rata tepung dan baking soda dengan sendok, masukkan ke kocokan mentega. Aduk rata. 
4. Tuang 2/3 adonan ke loyang, ratakan. Olesi dengan selai stroberi hingga semua permukaan tertutup. Taburkan sisa adonan ke atasnya secara acak dengan menggunakan sendok atau tangan.
5. Panggang selama 30 menit. Aku pake api atas bawah.
6. Biarkan hingga benar-benar dingin baru bisa dipotong-potong.





No comments:

Post a Comment