Monday, March 16, 2015

Panna Cotta with Orange Gelee and Strawberry Compote

   

     Pengen banget makan panna cotta. Udah rencanain pengen bikin yg pake gelee dari jauh2 hari. Trus pengen nyoba yg gelatin nya lebih sedikit, yang makannya musti pake sendok, ndak cukup kokoh kalo di keluari ndari cetakan. Sebelumnya pernah bikin yg bisa dikeluarin dari cetakan, resepnya di sini.
     Panna cotta kali ini resepnya aku combine dari beberapa blog, la bonne boucheGraceuserealbutter. Soalnya liat bahan yg ada di rumah dan gampang di cari. Pas baru dituang ke gelas, baby Zuu udah sibuk minta. Menjelang siang, dia buka kulkas lagi dan langsung manggil2 minta ini.
     Aku pake kombinasi orange gelee dan strawberry compote, biar warnanya kontras, jadi cantik. Setelah googling, gelee itu artinya jus buah yg dikentalkan menggunakan gelatin. Untuk compotenya aku ingin tetep ada potongan strawberrynya. Saat buat gelee dan compote, usahan dicicip, siapa tau kurang manis atau kemanisan. Bisa ditambah gula, atau di tambah perasaan jeruk lemon.

     Kalo mau buat layer kayak gini butuh kesabaran, tapi tenang, panna cotta akan tetep cair sebelum di masukin kulkas. Jadi bisa agak nyante kalo bikin layer. Biar cepet set, setiap abis nuang selayer aku masukin freezer. Setelah dari kulkas, panna cotta juga akan mencair kembali kalau kelamaan di suhu ruangan. Dari google juga dapet info, kalo panna cotta cuma bisa bertahan selama 24 jam, setelah itu mencair. 


Bahan - bahan :

Panna Cotta :
- 500 ml whipping cream
- 100 ml susu cair dingin
- 8 gr gelatin bubuk
- 3 1/2 sdm gula pasir
- 1 sdt vanili cair

Cara membuat :
1. Taburkan gelatin di atas susu dingin, biarkan 5 menit.
2. Panaskan whip cream, gula, dan vanilla di atlas api sedang hingga hampir mendidih (muncul gelembung2 kecil di pinggir panci). Matikan api.
3. Masukkan gelatin, aduk-aduk hingga rata.

Orange Gelee :
- 250 gr jus jeruk segar
- 2 sdm gula pasir
- 60 ml air dingin
- 1 1/2 sdt gelatin bubuk

Cara membuat :
Taburkan gelatin di atas air dingin, diamkan 5 menit.
Rebus jus jeruk dan gula hingga mendidih, matikan api. Masukkan gelatin, aduk rata.

Strawberry Compote :
- 150 gr strawberry segar, potong2
- 2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt air jeruk lemon
- 2 sdm air

Cara membuat :
Masukkan strawberry, gula pasir, air, dan perasaan jeruk lemon ke dalam panci kecil. Masak dengan api sedang hingga mendidih dan bergelembung. Aduk perlahan dengan sendok agar potogan strawberry tetap utuh. Masak sekitar 2 menit. Angkat, dinginkan.




 waaaaaww....

ini kerjaan ayahnya, abis moto2 langsung tandas segelas

2 comments:

  1. Itu maksud nya kalau sudah masuk freezer trs kita keluarin itu bertahan 24 jam ?

    ReplyDelete
  2. Itu maksud nya kalau sudah masuk freezer trs kita keluarin itu bertahan 24 jam ?

    ReplyDelete