Saturday, September 22, 2012

Steak Tempe

     Happy birthday to me.....Yupzzz....hari ini aku ulang tahun yang ke-23. Pagi-pagi udah dapet telpon dari bapak ibu jogja ngucapin met ultah. Trus dari suamiku juga. Waahhh.....udah nambah 1 lagi umurnya, tambah tua dunk, hehehehe....
     Hari ini bangun lebih awal, soalnya mau bikin steak tempe, yang kayaknya butuh waktu lama. Kenapa milih steak tempe?? Soalnya suamiku suka banget sama tempe. Jadi sesekali bikin makanan yang beda dari wujud aslinya si tempe. Habis sholat, jalan pagi sebentar sama suami sambil buang sampah. Sampe rumah langsung menuju dapur. Hari ini suamiku ga bantuin, dia sibuk beres2 rumah, ga papa. Mulai keluarin bahan-bahan dari kulkas.

Bahan-bahannya :
- 250 gr tempe ( 1 buah tempe seharag 3000)
- 100 gr daging giling
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 buah wortel (potong memanjang)
- 100 gr buncis (potong memanjang)
- 2 buah kentang (potong memanjang)

Saus :
- 1/2 buah bawang bombay
- 1 siung bawang putih
- kecap asin dan manis
- saus tomat dan sambal
- 1 sdm tepung terigu
- garam dan gula
- margarin untuk menumis

Cara membuatnya :
1. Haluskan tempe, campur dengan daging. Tambahkan bawnag merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata, pakai tangan lebih bagus hasilnya. Jangan lupa tambahkan sedikit garam.
2. Bentuk adonan (sejadinya aja bentuknya). Goreng dalam minyak panas sampai berwarna coklat.
3. Rebus wortel dan buncis.
4. Goreng kentang.
5. Untuk saus, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarin sampai layu. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan air, tambahkan semua sisa bahan saus. Masak sampai mengental.

Taraaaa.....ini dia hasilnya. Hasil jepretan suamiku
    
      Lagi-lagi bentuknya tidak cantik, tapi rasanya ok lhooo. Kenapa aku tidak pakai tempe saja, tetapi ditambah daging?? Supaya sumber proteinnya lebih banyak. Karena protein bikin kita kenyang lebih lama, jadi tanpa perlu makan karbohidrat itu sudah cukup.
     Ternyata benar kan, hanya makan satu aja sudah kenyang. Jangan lupa sayurannya yaaa...biar tetep sehat :)

No comments:

Post a Comment