Saturday, September 22, 2012

Ikan Panggang Bumbu Minimalis

     Katanya, ikan itu bagus buat ibu hamil. Waahhh...langsung deh kepikiran buat makan ikan tiap hari. Weekend masak ikan ahhhh....diapain yaaa???? Hmmmm....dipanggang aja kali ya, lebih sehat sepertinya, bebas minyak kata suamiku. Akhir-akhir ini suamiku lebih prefer makanan yang ga pake minyak dalam mengolahnya, semenjak tensi darahnya naik.
     Sabtu pagi ke pasar, beli bahan-bahan buat perang, hihihi. Sekalian bahan-bahan buat hari minggu juga, udah kepikiran mau bikin apa. Sampe rumah, langsung deh berkutat di dapur. Senengnya kalo masak sabtu minggu, pasti di bantuin suami *luv u hubby*.
     Kenapa aku kasih nama Ikan Panggang Bumbu Minimalis?? Yuppzz....soalnya minim bumbu. kata suamiku, jangan kasih bumbu macem-macem. Kenapa? Biar rasa ikannya tetep ada. Owhhh...baiklah.
Bumbunya gampang dicari, bahkan sering ada stoknya di rumah. 

Bahan-bahannya :
- 3 ekor ikan (ga tau ikan apa, tp sering beli ikan ini)
- Jahe
- 1 buah jeruk nipis
- Garam
- Aluminium Foil untuk pembungkus

Bumbu :
- 2 siung bawah putih
- Jahe
- Garam

Cara membuatnya :
1. Bersihkan ikan, lumuri dengan garam, jahe, dan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis di ikan.
2. Cuci ikan dari bumbu marinasi hingga bersih. Supaya ga ada rasa asamnya.
3. Haluskan bawang putih dan jahe. Lumuri kembali ikan dengan bawang putih dan jahe. Beri sedikit garam, ingat ya, jangan banyak-banyak. Nanti terlalu asin. Bungkus ikan dengan aluminium foil.
4. Panaskan oven. Kemudian panggang ikan selama 30 menit.

     Untuk sausnya, kita pake kecap di tambah irisan bawang merah dan tomat. Seharusnya pake irisan cabe rawit juga, tapi lupa beli. Jadi kita pake kecapnya yang kecap pedas, jadi ga perlu tambahin irisan cabe rawit lagi.


     Aduhhh...ikannya koq sangar ya?? hihihi....ga papa deh. Karena di bungkus aluminium, jadi ikannya tetep berwarna putih. Dagingnya lebih lembut, mungkin karena dibungkus jadi ga kering. Rasanya ga perlu diragukan deh, 100% enak. Aku sampe ketagihan, baru nyoba satu suap udah teriak2 enak, hihihihi.... Rasa asli ikannya itu yang bikin enak banget.
     Pengen bikin tiap hari deh, soalnya enak. Apalagi ini ga pake minyak, jadi sehat. Suamiku malah nyuruh juga bikin tiap hari. Tapi males euyyy tiap hari ke pasar.

No comments:

Post a Comment