Friday, September 14, 2012

Indonesian Favorite Pizza

     Pengen pizzaaaa..............Yupz, akhirnya bujuk suami buat bikin pizza, hehehehe. Biar tetep makan sayur, toping pizzanya aku kasih sayur, biar tetep sehat. Jadilah namanya Indonesian Favorite. Kan kalo American Favorite ada Smoked Beef-nya, kalo yg ini ada sayur-sayurnya *maksa banget deh, hehehe...* Untuk roti udah pasti suamiku yang bikin, susah soalnya, hehehe...untuk toping, aku yang siapin.
     Kemaren udah belanja ke hyper meski lagi mual2 (bela-belain demi pizza :D). Paginya kepasar juga, beli sayur sekalian sarapan. Setelah semua bahan dapet, yuukkk mareee bikin pizzanya.


I. Roti
 Bahan - bahan :
 - 500 gr tepung terigu cakra kembar
 - 1 bks fermipan (11gr)
 - 50 gr gula pasir
 - 1 sdt garam
 - 90 gr mentega
 - 2 btr telur
 - 180 ml air
 - 1 sdm minyak goreng

 Cara membuat :
 1. Campur semua bahan kecuali air jadi satu dalam baskom. Uleni bahan dengan di tambah air    sedikit-sedikit agar tidak terlalu lembek nantinya.
 2. Uleni sampai bahan tercampur rata dan kalis. Beri minyak goreng, uleni lagi.
 3. Tutup adonan dengan kain basar sekitar 1 jam, agar adonan mengembang.

II. Topping
 Bahan - bahan  :
 - 300 gr daging giling
 - 1 buah wortel (sesuai selera)
 - Bayam (sesuai selera)
 - Keju mozzarela dan cheddar
 - 6 buah bawang putih
 - 1 buah bawang bombay
 - 1 1/2 kg tomat
 - Garam, Gula, Merica

 Cara membuat :
 1. Cincang bawang putih. Iris-iris bawang bombay. Potong wortel kotak-kotak. Bayam di potong kecil-kecil. Rebus tomat, kupas kulit kemudian blender.
 2. Tumis bawang putih, setelah agak layu masukkan bawang bombay. Tumis sebentar kemudian masukkan daging. Tumis kembali.
 3. Masukkan tomat yang sudah di blender. Aduk-aduk sebentar, tambahkan garam, gula dan merica. kemudian masukkan wortel. Masak sampai air hampir kering. Masukkan bayam. Masak sampai matang (air benar2 kering).

Langkah selanjutnya :
1. Bentuk roti, meski ga bisa bundar karena ga ada pan yang bundar. Pake loyang yang ada di oven, jadi ga beraturan bentuknya. Bikin yang tipis, biar kriuk-kriuk.
2. Panngang dulu roti setengah mateng atau 5 menit aja, biar nanti ga kelamaan manggangnya supaya topingnya ga kering.
3. Setelah setengah matang, keluarkan roti dari oven. Tata toping di atasnya, beri keju cheddar parut kemudian mozzarel.
4. Panggang kembali pizza dalam oven selama 20-25 menit.


     Naaahhhh...udah jadi deh pizzanya. Yummmmyyyy.....enak2. Lebih enak dari pizza hut *uuppsss......* Soalnya kan topingnya banyak, kejunya juga. Jadi lebih terasa dunkkk :D.



     Bisa ngasih 3 tetangga, responnya okok. Enak katanya, apalagi ada sayur, kreatif. Sehat buat anak-anak *berasa terbang melayang di puji gitu, hihihihi...* Untuk teknisnya 4 jempol deh buat suamiku, aku nyumbang ide sayur aja, hehehehe. Besok-besok bikin lagi ahhh....pingin bikin pizza buah2an. enak kali yaa....asem-asem manis gitu *bujuk suami ahhhh.....*







No comments:

Post a Comment