Thursday, September 27, 2012

Ikan Panggang Asam Manis

     Sekarang rasanya pengen banget masak, tiba-tiba suka muncul ide resep masakan di kepala. Jadilah rabu pagi kemaren ke pasar, meski hujan, tetep aja semangat 45 buat ke pasar. Yang awalnya mau naik motor, karena mau beli ikan, jadinya naik mobil tapi dengan bawa boks buat tempet ikan, biar si merah ga bau ikan.
     Rencananya mau masak Ikan Panggang Asam Pedas, biar seger ada pedes ada asemnya. Intinya sih biar ga pake minyak, jadi kita pilih ikannya dipanggang. Kali ini manggangnya pake Happy Call, yang katanya anti lengket tapi tetep aja lengket. Huuhhh........aku tertipu iklan, aku tertipu......aku terjerat......aku terperangkap muslihatmu, *jadi nyanyi deh, hihihihi*. Dasar emak-emak, liat iklat panci bagus aja langsung ngiler.
     Sampe rumah, langsung berkutat di dapur. Suamiku tercinta ikutan bantuin nguleg bumbu. Nahhh....untuk bahan-bahannya ini niiiihhh :

Bahan-bahan :
- 2 ekor ikan segar (kita beli ikan bulat *padahal bentuknya ga bulat tuh*)
- 2 ruas jari jahe
- 2 buah jeruk nipis (sisihkan sedikit untuk bumbu)

Bahan bumbu :
- 6 siung bawang putih
- 2 ruas jari jahe 
- Garam dan merica bubuk
- 4 sdm saos tomat
- 4 sdm saos sambal

Cara memasaknya :
1. Bersihkan ikan, kemudian di marinasi dengan garam, sari jeruk nipis, dan 2 ruas jahe yang dihaluskan kira-kira selama 10 menit. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis ikan.
2. Haluskan bumbu : bawang putih dan sisa jahe, tambahkan saos tomat, saos sambal, dan sari jeruk nipis.
3. Cuci ikan, kemudian lumuri garam dan merica, kemudian tambahkan bumbu yang dihaluskan tadi. Diamkan selama 10-15 menit.
4. Olesi ikan dengan margarin, kemudian panggang ikan hingga masak.

Jeng..jengg.....ini dia hasil jepretan suamiku

     Itu dia hasilnya, agak hangus bumbunya. Tapi rasanya tetep enak koq. Pedes dan asem nya dari si saos dan jeruk nipis tadi. Ok buat sarapan, makan siang atau pun makan malam. Mau makan pake sambel kecap juga ok.

No comments:

Post a Comment