Monday, September 22, 2014

Carrot Chicken Nugget

     Udah lama banget SiAyah nyuruh bikin nugget, cuma selalu ketunda gegara ga punya gilingan daging. Jadi, sejak Baby Zuu agak males makan, aku sm suami nguber2 gilingan daging dari toko ke toko dan dr mol ke mol, hahaha. Biar bisa cepet2 bikin nugget, trus biar Baby Zuu mau maem. Soalnya kita pernah beli ayam schnitzel dan Baby Zuu suka.
     Setelah nemu tuh gilingan di Ace Hardware n tinggal satu2nya. Langsung deh ya kita berburu dada ayam seger, trus minta penjualnya ngebuang tulang dan kulitnya, biar tinggal giling aja. Kenapa ga beli ayam giling aja sih?? Hmmm...krn kan ga jelas tuh itu daging bagian mana aja. Trus belum tentu juga ayamnya seger. Resepnya aku liat di sini, cuma ada bahan yg aku skip.
     Aku pake 2 pelapis, tepung panir dan tepung roti. Biar warnanya bagus aja sih. Tepung roti juga milih yg yg original, soalnya yg wrn kuning pake pewarna.

   
Bahan - bahan :
- 500 gr daging ayam giling
- 100 gr wortel, parut halus
- 1/2 buah bawang bombay, parut atau cincang halus
- 3 buah bawang putih, parut atau haluskan
- 2 sdm tepung tapioka/sagu/kanji/maizena
- 4 sdm tepung panir
- 2 butir telur
- 2 sdt garam
- 1 sdt gula

Bahan pelapis :
- 4 butir telur, kocok lepas
- 120 gr tepung panir
- 150 gr tepung roti


Cara membuat :
1. Siapkan loyang kotak ukuran 20 x 20 cm. Alasi dengan kertas minyak/baking paper. Olesi pinggir loyang dengan minyak sayur.
2. Masukkan semua bahan ke dalam wadah besar. Aduk hingga rata dengan spatula atau sendok.
3. Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus selama 30 menit. Angkat loyang, biarkan dingin. Keluarkan nugget, potong2 sesuai selera.
4. Celupkan tiap potong nugget ke dalam kocokan telur, lumuri dengan tepung panir. Celupkan lagi ke dalam telur, lumuri dengan tepung roti.
5. Masukkan dalam wadah tertutup, simpan di dalam freezer. Tahan hingga 2 minggu.



No comments:

Post a Comment