Wednesday, September 10, 2014

Cake Kacang Merah

     Ini cake aku buatnya dadakan. Gegara salah beli kacang merah, maunya yg kering tapi dapet yg  basah. Gpp, alhamdulillah jd bisa bikin cake yg enak dan lembut. Resepnya aku nyontek resep cake dasarnya pak Wied. Cuma komposisi tepungnya aku ubah, soalnya pengen yg rendah gluten dan bebas produk susu. Biar lebih sehat. Tanpa pengembang dan pelembut juga, jd aku ga was-was kalo anak ku makan banyak.
     Pas adonan udah siap, bau telurnya kecium. Jadi aku tambahin 50 gr kacang mete yg cincang halus. Pas mateng, wuiiihhhh....wangi banget, enak. Panas2 langsung potong, trus hap hap hap. Beneran ini cake teksturnya halus, kayak pake baking powder/soda gitu. Enak deh, trus ga gitu manis, pas buat aku. tapi buat yg suka manis kayaknya musti nambahin gulanya jd 180-200 gr.

Bahan - bahan :
- 6 butir telur
- 150 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 50 gr tepung terigu serba guna
- 90 gr tepung beras
- 60 gr tepung maizena
- 150 gr minyak sayur
- 150 gr kacang merah rebus, haluskan
- 50 gr kacang mete, cincang halus

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 180 C. Olesi loyang ukuran 22 x 22 x 7 cm dengan minyak sayur, alasi dengan kertas roti. Campur tepung terigu, tepung beras dan maizena, ayak.
2. Kocok telur, gula dan garam dengan kecepatan tinggi hingga kaku, pucat dan mengembang, sekitar 25 menit.
3. Turunkan mixer ke kecepatan rendah, masukkan kacang merah halus dan mete. Kocok rata.
4. Masukkan campuran tepung, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
5. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Tuang ke loyang, panggang selama 40 menit.



No comments:

Post a Comment