Friday, September 19, 2014

Cake Tepung Ubi Ungu

     Senengnya minta ampun pokoknya waktu dapet ini tepung. Yeyyyyy, finally, gluten free. Beli di titanbaking.com. Sekalian sama tepung mocaff. Kemaren baru sempet bikin yg pake tepung ubi ungu, bikin cake yg simple aja. Tetep tanpa pengembang dan pelembut. Tapi hasilnya tetep lembut dan ngembang, meski ga selembut dan setinggi kalo pake tambahan pengembang dan pelembut. Tapi enak, asli. Tepungnya ada teksturnya. Mirip2 ketan item, tp lebih halus teksturnya.
     Resep cake aku pake resep dasar cakenya pak wied, hanya saja aku modif di mentega, biar lbh enak. Ga pake keju juga. Pas dipanggang wangiiii banget. Pas udah mateng warnanya jd lebih gelap. Untuk vanili, aku pake vanilla bean 1/2. Memanfaatkan vanila krn msh punya stok. Gulanya aku pake vanilla sugar yg aku bikin sendiri.


Bahan - bahan :
- 3 butir telur
- 70 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1/2 batang vanilla bean, ambil isinya
- 100 gr tepung ubi ungu
- 100 gr mentega tawar,lelehkan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 22 cm x 12 cm. Olesi mentega. Panaskan oven dengan suhu 180 C.
2. Kocok telur, gula, vanilla bean, dan garam hingga kental, pucat dan mengembang.
3. Masukkan tepung, aduk balik hingga rata.
4. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang. Panggang selama 25 menit.







No comments:

Post a Comment