Wednesday, September 10, 2014

Baked Layered Potatos

     Bentuknya jadi mirip kyk lapis legit. Sayang motonya pas masih panas, ga sabaran sih. Keluar dr oven langsung d potong dan di embat, alhasil lidah jd nyoyor, hahahaha. Pas udah dingin jd lebih padet, jd lebih keliatan rapi mirip lapis legit. Rasanya juga legit kakak, hehehe.
     Ini kedua kalinya bikin, pertama bikin kurang asin, krn ga tiap layer dikasih keju. Yg ini pas deh pokoknya. Trus aku takar bahan2nya, biar ga lupa, biar bisa share juga ke temen2. Cuma yg kedua kali ini lbh bnyk layernya, jd lbh lama manggangnya. Pas manggang aku pake api atas bawah, trus bagian atas loyang aku tutup alumunium foil, jdnya si keju meleleh.

Bahan - bahan :
- 750 gr kentang, kupas, cuci bersih, tiriskan
- 60 gr mentega tawar, lelehkan
- 2 buah bawang putih, haluskan
- 180 ge keju cheddar, parut
- 1 sdt thyme kering (optional)

Cara membuat :
1. Iris tipis kentang, boleh memanjang ataupun bundar. Aku pake alat iris yg biasa untuk bikin keripik.
2. Siapkan loyang kaca, aku pake ukuran 21 x 16 cm. Panaskan oven di suhu 180 C.
3. Campur mentega leleh, bawang putih dan thyme, aduk rata.
4. Olesi bagian bawah loyang dengan mentega, tata kentang, olesi mentega, taburi keju. Lakukan hingga kentang habis.
5. Tutup bagian atas loyang dengan aluminium foil, agar tidak kering. Panggang selama 60 menit (tergantung ketebalan layer, lakukan tes tusuk).




No comments:

Post a Comment