Tuesday, March 29, 2016

Pecan Pie


     Penasaran banget pengen bikin pecan pie. Soalnya pernah makan di cafe, enak banget. Emang dasarnya aku penggemar kacang2an sih, jd kyknya semua yg dari kacang enak hahaha. Enggak ah, tapi emang pecan pie tuh enak bgt. Kulitnya yg crispy dan butter plus fillingnya yg wangi, legit, dan crunchy dr si pecan. Hanya saja, yg aku beli kmrn manis bgt kalo di aku. 
     Nemu resepnya dari fine cooking. Katanya yg resep ini enggak manis kyk yg umumnya dan ga lembek. Aku banget donk berarti. Setelah bbrp minggu ke pending gegara susah nyari kacang, mentega tawar dan sirup jagung, akhrnya kmrn sore terkeksekusi juga. Rasanya sih enaaakk, tapi kyk ada yg kurang, ga seenak yg aku makan di cafe. Kalo menurutku sih krn penggunaan gula palem dan mentega asin. Susah bgt nyari mentega tawar. Trus aku lupa beli gula coklat, ya udah lah pake gula palem lah yg ada di supermarket deket rumah. Soalnya kulit pie udah di baking, baru ngeh kalo ga punya brown sugar. Kebiasaan kalo mau baking ga ceki2 bahan dulu. Next aku mau bikin lagi, yg pake mentega tawar dan brown sugar. Plus nyoba resep 1 lagi yg umum di pake. Bangkrut kalo pake kuning telor doank, mana hrg kacangnya mihiill bgt.
     Karena aku pakenya mentega asin, jd aku ga pake garam lagi. Kalo pake mentega tawar, tambahin 1 sdt garam di adona kulit pie dan 1/2 sdt garam di bahan isian.


Bahan - bahan :
Kulit pie :
- 215 tepung terigu serba guna, dingin
- 145 gr mentega asin, dingin
- 4 1/2 sdm air es

Isian :
- 225 gr kacang pecan
- 8 butir kuning telur
- 145 gr gula palem
- 165 gr sirup jagung
- 113 gr mentega asin
- 120 ml whip cream cair
- 1 sdt vanili ekstrak

Cara membuat :
1. Kulit pie : Masukkan tepung dan mentega, tekan-tekan menggunakan pastry blender atau garpu atau jari tangan hingga mentega dan tepung menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang polong. Masukkan air dingin sesendok demi sesendok, sambil tetep di aduk rata hingga adonan menyatu tapi tidak begitu lengket. Tuang adonan di atas meja bertabur tepung, satukan, bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan setebal 1 inchi. Bungkus dengan plastik wrap, simpan di kulkas minimal 1 jam sebelum digiling.
2. Ambil adonan, giling di atas meja bertabur tepung atau di atas baking paper. Masukkan ke dalam loyang pie, tekan-tekan hingga rata, potong sisa adonan yg ada di samping-samping. Tusuk2 adonan yg di loyang dengan garpu. Simpan di kulkas selama 1 jam atau 30 menit di freezer.
3. Panggang kacang di suhu 180 C selama 3-5 menit (kalau kacang sudah beraroma, keluarkan dari oven), dinginkan, cincang kasar. Boleh utuh juga.
4. Alasi bagian atas kulit pie dengan alumunium foil atau baking papper, letakkan pemberat pie atau kacang2andi atasnya, tujuannya agar kulit pie tidak mengembang naik saat di panggang. Panggang kulit pie di suhu 200 C selama 15 menit. Angkat pemberat, panggang lagi selama 5-7 menit di suhu 180 C hingga permukaan kulit pie terlihat kering. Keluarkan dari oven, dinginkan.
5. Isian : masukkan semua bahan isian kecuali kuning telur dan pecan ke dalam panci. Masak hingga mentega leleh, angkat. Tuang di atas kuning telur sambil dikocok agar telur tidak menggumpal. Saring. Masukkan kacang pecan, aduk rata. Tuang ke dalam loyang pie.
6. Panggang pie dengan suhu 160 C selama 40 menit. Saat loyang di goyang2, adonan sudah isi sudah tidak bergerak.



No comments:

Post a Comment