Monday, March 14, 2016

Homemade Nutella


     Udah lamaaaa bgt pengen bikin nutella sendiri. Tapi belum nemu si kacang hazel. Akhirnya aku pesen onlen ajalah, dan mihil boook si kacang hazel ini. Pantesan ya nutella itu mahal, tapi katanya kandungan hazel di nutella cuma 13%, sisanya gula, jd ada yg bilang harusnya namanya sugartella hahaha.
     Resep aku lihat di sini. Aku bikin 2x lipat dr resep, sekalian aja sih pengennya. Hasilnya memang ga selembut yg nutella di pasaran. Masih ada tekstur si kcang yg ga k blender halus. kudu punya blender canggih kayaknya biar bisa halus sempurna, smoooootttthhh, hihii.
     Hasilnya masih manis but buat aku, yaahh aku sih emang ga suka manis2 sih orangnya. Padahal jumlah gula udah dikit sih kyknya. So next klo bikin, kurangi gula tinggal 50%, plus tambah jumlah coklat bubuk kali ya. Nutella ini bisa bertahan 2 minggu di suhu ruang. 
     Coklatnya aku pake kombinasi antara milk dan dark. Di resep sih milk semua, tapi koq kayaknya nanti manis bgt. Dan ternyata milk choco aku cuma 250 gr, pdhl butuh 340 gr, jd sisanya pake yg dark semua. Ini aja udah manis gini, gmn kalo pake milk choco semua, pasti lebih manis bgt.

Bahan - bahan :
- 240 gr kacang hazel
- 250 gr milk chocolate, cincang
- 430 gr dark chocolate, cincang
- 4 sdm minyak sayur ( aku pake sunflower oil)
- 6 sdm gula halus
- 2 sdm coklat bubuk
- 1 1/2 sdt garam (aku lupa pake)

Cara membuat :
1. Panggang kacang hazel di oven dg suhu 180 C selama 12 menit. Langsung kupas kulitnya dg cara dibungkus dg handuk dan di gosok2. Diamkan.
2. Lelehkan coklat. dinginkan.
3. Blender knack hingga berbentuk pasta lembut. Masukkan minyak sayur, gula, coklat bubuk, garam. Blender lagi hingga tercampur rata dan lembut. Masukkan coklat leleh, blender hingga lembut. Saring, teksturnya memang cair dan hangat, tapi nanti akan mengental setelah dingin.
4. Masukkan ke wadah, tutup rapat.




     Sisa yg masih ada di blender dan susah di ambil, aku campur dengan susu hangat. Trus blender. Jadilah susu nutella. Enak, wangi kacang.


No comments:

Post a Comment