Friday, June 27, 2014

Triple Chocolate Mousse Cake

     Hari ini adalah wedding anniversary ku yg ke-4. Dari jauh2 hari udah mikir mau buat cake apa. Triple Chocolate Mousse Cake. Yup, udah ngebayangin gimana rasanya, lembutnya, hmmmm yuuummm. Disebut triple karena terdiri dari 3 layer coklat. Chocolate cake, dark chocolate mousse dan white chocolate mousse.
     Udah pesen gelatin halal juga, udah nyiapin cream sama coklat. Beli loyang ring bulat yg buat mousse juga. Nemu resepnya di blognya Mbak Ricky, langsung jatuh cinta deh. Di blog Mbak Hesty, juga ada. Mbak ricky dan mbak Hesty memodif resepnya dari punya Irina. Aku ikut punya mbak Ricky, karena pengen bikin yg gede. Tapi komposisi cream aku ikut mbak Hesty. Pokoknya campur campur deh, hehehe.
     Untuk cake, aku buat punya mbak ricky, tapi 1/2 resep. Karena aku cuma mau pake buat bagian bawah aja. Trus aku pake tambahan strawberry sauce, biar ga eneg ya maemnya, krn kan full coklat. Jadi asem2nya si stroberi biar bikin seger.
     Meski bahan-bahannya banyak, tapi bikinnya gampang.

Bahan - bahan :
Chocolate Cake :
- 3 butir telur
- 60 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam

- 40 gr tepung terigu serba guna
- 10 gr tepung maizena
- 18 gr coklat bubuk

- 30 gr mentega tawar
- 25 gr dark cooking chocolate, cincang
---> lelehkan bersama dengan cara di tim, aduk rata.

Dark Chocolate Mousse :
- 105 gr susu cair putih
- 5 gr gelatin bubuk
- 2 sdm air dingin
- 175 gr dark chocolate, cinching
- 280 ml cream kental


White Chocolate Mousse :
- 105 gr susu cair putih
- 5 gr gelatin bubuk
- 2 sdm air dingin
- 175 gr white chocolate, cinching
- 280 ml cream kental

Chocolate Glaze :
- 112 dark chocolate, cincang
- 80 ml cream mental
- 1 sdm minyak sayur

Saus Strawberry :
- 250 ml strawberry segar, proses menjadi jus
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt maizena (larutkan dengan 1 sdt air)

Cara membuat :
1. Cake : kocok telur, gula dan garam dengan kecepatan tinggi hingga pucat, mengembang dan kaku. Masukkan tepung, maizena dan coklat bubuk sambil di ayak. Aduk balik dengan spatula hingga rata. Masukkan lelehan coklat dan mentega, aduk balik hingga rata. Panggang selama 15 menit dengan suhu 180 C. Dinginkan, trim bagian atas, letakkan di dasar loyang ring bulat atau loyang bongkar pasang ukuran 20 cm. Basahi dengan simple syrup agar tidak terlalu kering.
2. Dark Chocolate Mousse : taburkan gelatin di atas 2sdm air dingin, biarkan selama 5 menit. Panaskan susu hingga hampir mendidih, matikan api. masukkan gelatin, aduk rata dengan hand whisk hingga gelatin benar2 larut. Masukkan dark chocolate cincang ke dalam wadah yg besar, tuangi susu cair. Biarkan 1 menit, kocok dengan hand whisk hingga coklat larut dan tercampur rata. Kocok cream kental  hingga setengah kaku (soft peak). Masukkan 1/3 adonan ke dalam campuran coklat, aduk rata. Tuang sisa cream, aduk rata. Tuang ke atas cake. Simpan di freezer sementara membuat white mousse.
3. White Chocolate Mousse : lakukan hal yg sama dengan cara membuat dark chocolate mousse. Tuang di atas dark chocolate mousse. Masukkan ke freezer.
4. Glaze : panaskan cream hingga hampir mendidih, matikan api, masukkan coklat cincang. Biarkan 1 menit, aduk hingga rata. Masukkan minyak sayur, aduk rata. Tuang di atas white mousse. Simpan di kulkas minimal 4 jam atau semalaman.
5. Saus : rebus jus srtawberry dan gula pasir. Masukkan larutan maizena. Masak hingga kental.
6. Cara mengeluarkan : balut sekeliling loyang dengan kain yg di rendam ke air hangat selama 1 menit. Tujuannya agar mouse di pinggir loyang meleleh, jadi lebih mudah untuk di lepas dr loyang.


     Suka deh, ternyata ga terlalu manis rasanya. Paaasss banget. Kata tetangga, mousse cakenya perfecto, sempurna! hehehehe

No comments:

Post a Comment