Friday, March 1, 2013

Onde-onde Kacang Hijau

     Kyaaaaa.....aku cinta onde-onde kacang hijau. Kenyal-kenyal, dalemnya ada isi kacang ijo. Paling suka deh sama cemilan yang satu ini. Selama ini cuma bisa beli di warung, sekarang pengen coba bikin. Dapet resep dari si bibi lagi, maklum aja, bibiku penjual kue, jd resep kuenya banyak. Selain itu, keluargaku turun temurun emang jago bikin kue-kue tradisional.


Bahan-bahan :
Bahan kulit :
- 500 gr tepung ketan
- 100 gr tepung terigu
- 50 gr gula pasir
- 1 sdt garam
- 400 ml air hangat
- 200 gr wijen putih

Bahan isian :
- 200 gr kacang hijau, rendam 2 jam
- 100 gr kelapa parut (optional)
- 100 gr gula pasir
- 50 gr gula jawa, iris-iris
- 800 ml air
- 3/4 sdt garam
- 1 lbr daun pandan/1/2 sdt vanili bubuk (pilih)

Cara membuat :
1. Rebus kacang hijau bersama daun pandan/vanili dengan 800 ml air hingga empuk (sekitar 40 menit) menggunakan api kecil.
2. Setelah air kering, masukkan gula pasir, gula jawa, garam, dan kelapa parut. Masak sambil terus diaduk hingga air benar- benar kering menggunakan api kecil. Angkat, dingingkan. Bulatkan kacang hijau sesuai selera.
3. Masukkan tepung ketan, terigu, garam, dan gula dalam wadah, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedekit. Uleni tepung hingga menjadi adonan yang bisa di bentuk.
4. Ambil adonan tepung sesuai selera, bentuk bulat, pipihkan, masukkan adonan isi, bulatkan kembali. Gulingkan adonan bulat ke atas wijen hingga menutupi semua permukaan (putar-putar dengan 2 telapak tangan hingga bulat dan wijen menempel rata).
5. Goreng menggunakan minyak yang banyak dengan api kecil, hingga kekuningan dan onde-onde mengapung.


Tips :
1. Gunakan api kecil saat menggoreng, agar onde-onde matang sempurna dibagian dalam.
2. Tujuan penggunaan air hangat pada adonan adalah agar adonan lebih lembut. Jadi tidak masalah jika ingin menggunakan air biasa.
3. Jika adonan isi terlelu lembek, boleh di tambahkan sedikit tepung terigu pada saat-saat terakhir dimasak (setelah gula dll).




     Bikin onde-onde emang harus ekstra sabar. Mulai dari bikin buletan, apalagi nggorengnya dengan api kecil, jadi lamaaaaa banget.

No comments:

Post a Comment