Saturday, August 5, 2017

Peyek Kacang


     Aku dan suami suka sama peyek, kalo suami suka yg kacang tanah, aku suka yg kacang hijau dan bilis. Biasa aku dapet peyek dr ummi, ato beli ke temen. Krn aku tau bikin peyek itu melelahkan, jd belum pernah coba bikin. Lalu ketika di Prancis ga ada yg jual, mau ga mau aku jd pengen coba. Percobaan pertama ga 100% sukses, soalnya wajan cekung di sini kurang cekung, jd adonannya menumpuk di bagian bawah, jd bagian bawah lebih tebel dan ga kering.
     Lalu ku menyerah. Tapi suami ngasih ide untuk membentuk dulu di wajan datar kemudian dipindah ke wajan penuh minyak. Sukses donk hehehe. Resepnya aku minta sama ummi. Kata beliau, biar renyah jumlah kemirinya kudu banyak. Bawang merah dan kunyit sedikit aja, biar ga cepet gosong.

Bahan - bahan :
- 250 gr tepung beras
- 250 ml air
- 65 ml santan kental (aku pake kara yg cream)
- 1 butir telur
- 5 lembar daun jeruk nipis, rajang halus
- 200 gr kacang tanah

Bumbu halus :
- 3 siung bawanh putih
- 1 buah bawang merah yg kecil
- 1 ruas kecil kunyit
- 50 gr kemiri
- 1 1/2 sdt garam
- 1 sdt ketumbar


Cara membuat :
1. Campur semua bahan dan bumbu halus kecuali kcang tanah. Aduk hingga rata.
2 Masukkan kcang tanah.
3. Panaskan wajan datar, beri sedikit minyak. Cetak adonan. Ketika sudah bisa dilepas, pindh ke wajan penuh minyak yg telah dipanaskan. Goreng hingga kering dan coklat



No comments:

Post a Comment