Monday, August 28, 2017

Ontbijkoek (Dutch Spied Cake)


     Ontbijkoek artinya breakfast cake, atau lebih sering dikenal dg Dutch Spied Cake. Cake ini berasal dr Belanda, biasanya dimakan saat sarapan dengan olean mentega, atau jadi temennya si teh pas lagi ngemil2. Cake ini masuk ke dalam kue tradisional indonesia juga (efek dijajah Belanda selama 350 tahun), hanya saja komposisinya dimodif sesuai selera lidah orang2 indonesia.
     Aslinya cake ini tanpa telur dan mentega, serta menggunakan banyak jenis rempah, dengan bahan utama tepung rye. Teksturnya dan rasanya unik, ada kenyalnya tapi lembut, basah, lengket, rasanya ada pahit2 dari hasil karamelisasi madu dan gula coklat, ada pedes2 dan sedikit getir dari jahe, wanginya haruuuuummm banget, kombinasi manis madu dan rempah2.
    Kalo di indo lebih sering menggunakan spekuk (kayu manis, kapulaga, cengkeh) dan menggunakan telur serta mentega. Tepung yg digunakan terigu, mungkin krn rye ga populer di indo. Teksturnya katanya mirip sponge cake, aku belum pernah coba sih.
     Aku coba makan cake ini dg 3 cara:  pas masih panas2 hangat : rasanya ga gitu manis, pas di aku. Pas hanget dan dioles mentega, menteganya jd leleh, masih enak. Pas udah nyaris dingin dan dioles mentega, menteganya ga leleh, jdnya bikin eneg sih.

Resep yg ini aku lihat sini, cuma aku g apake molasses krn ga nemu, dan jml madu juga aku kurangi :
- 106 gr tepung rye
- 120 gr tepung terigu serba guna
- 110 gr gula coklat
- 200 gr madu
-240 ml susu cair
- 2 sdt kayu manis bubuk
- 1/2 sdt utk masing2 bubuk pala, bubuk cengkeh, bubuk kapulaga, bubuk jahe, bubuk ketumbar
- 1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat :
1. Panaskan oven dg suhu 150 derajat C. Alasi loyang loaf (aku pake uk 30x10x4 cm) dg kertas roti.
2. Campur semua bahan kering dalamwadah besar, aduk rata. Masukkan susu dan madu, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang. Panggang selama 50-60 menit.



No comments:

Post a Comment