Tuesday, July 9, 2013

Tiramisu

     Pick me....pick meeeee... Off course I will pick you, coz you are one of my favorite dessert. Tiramisu adalah dessert-nya orang itali. Artinya Pick Me. Pasti bakal di ambil deh, secara enyaaaakkk bangeeeeetttt. Suka, suka, sukaaaaa....
     Aku pernah juga makan di resto itali, waktu itu krn senengnya ada ituh dessert di resto itu. Aku pesen dan langsung diembat abis. Besok-besoknya lagi pas dateng, baru kepikiran nanya,
"Mas, tiramisunya pake alkohol ga?"
"Bentar ya bu saya tanya ke chef-nya" dan si waiter pun pergi
"Pake rhum bu."
     Duuarrrr...ceteeerrr....ceeteerrrr....aku udah makan waaakkk kmrn, huhuhuhu. Gpp lah ya, kan waktu itu ga tau. Soooo....krn penasaran pengen nyoba bikin, trus biar bisa makan sepuasnya *mimil booookkk*. Maka aku pun berburu bahan-bahannya yg ternyata susyeeehhnya minta ampun dah. Giliran butuh aja pada ga ada. Mascarpone abis *tp untung kmrn nemu di DC mal akhirnya*. Ladyfinger malah ga ada jual di kotaku tercintah ini, huhhuhuhu. Akhirnya pesen onlen dan kalap pesen 3 bks @200 gr, buat stok *alesan*
     Sooooo...berhubung besok ga jadi puasa, maka aku pun akhirnya berkutat di dapur setelah SiDebay bobok. Pas liat hasilnya bikinnya koq pesimis gagal ya. Aahhhh...kan blum set ituh tiramisunya. Mudah-mudah2an besok jadi dgn suksenya.
     Oh iya, aku bikin tiramisunya yg ga pake telor sama alkohol. Soalnya kan kalo pake telor mentah butuh alkohol buat bunuh bakterinya di telor. 


Bahan - bahan :
- 500 gr keju mascarpone, suhu ruangan
- 400 ml whipping cream
- 80 gr gula pasir
- 20 gr kopi instan
- 800 ml air
- 200 gr biskuit ladyfingers
- bubuk coklat


Cara membuat :
1. Rebus kopi dan air hingga mendidih. Biarkan hingga dingin.
2. Kocok whipp cream dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku. Simpan dalam lemari es.
3. Kocok mascarpone dan gula pasir hingga lembut dan tercampur rata. Tuang kocokan whipp cream, mixer sebentar hingga tercampur rata.
4. Siapkan loyang, celupkan ladyfinger satu per satu ke dalam air kopi, susun hingga menutupi dasar loyang. Tuang setengah adonan cream - mascarpone di atas ladyfingers, ratakan. Susun kembali ladyfingers yg telah dicelupkan ke air kopi hingga menutupi adonan cream - mascarpone. Tuang sisa adonan cream - mascarpone, ratakan.
5. Taburi dengan coklat bubuk dan simpan dalam lemari es minimal 4 jam sebelum disajikan.



     Sooooo yuuuuuummmmyyyy....asli enak banget. Suamiku juga sukaaakk bgt. Malah langsung bikin pengumuman aku mau tiramisunya. 

No comments:

Post a Comment