Saturday, January 26, 2013

Mocha Ice Cream

     Sesuai permintaan suami kemaren yang minta dibikinin es krim rasa mocha, akhirnya weekend ini berburu cream lagi. Kali ini langsung beli 2 kotak, soalnya sembari mau bikin panna cotta. Kali ini resepnya aku modifikasi untuk bahan-bahannya. Karena masih tahap belajar bikin es krim, jadi aku coba-coba untuk mengubah beberapa bahan dan mengganti beberapa langkah. Pengen liat hasil akhirnya gimana.

Bahan - bahan :
- 300 ml susu cair
- 300 ml heavy cream/whipping cream (aku pake merk president)
- 5 butir kuning telur
- 85 gr gula halus (sesuai selera)
- 1/4 sdt garam
- 15 gr coklat bubuk
- 15 gr kopi instan

Cara membuat :
1. Kocok kuning telur dan gula hingga berwarna pucat dan kental menggunakan mixer atau balloon whisk.
2. Panaskan 1/2 susu cair dan cream dalam panci di atas api kecil, masukkan kopi instan dan coklat bubuk. Aduk rata, jaga jangan sampai mendidih.
3. Campur kocokan kuning telur dengan 1/2 sisa susu.
4. Saat susu dan cream mulai bergelembung kecil di pinggiran, masukkan kocokkan kuning telur ke dalam panci. Aduk-aduk, tambahkan garam.
5. Masak adonan dengan terus di aduk hingga mengental atau adonan menempel tipis di spatula (sekitar 5 - 8 menit). Matikan api biarkan adonan dingin.
6. Masukkan adonan ke dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman.
7. Keluarkan adonan dari kulkas dan masukkan ke dalam ice cream maker. Putar selama 30-40 menit. Tergantung petunjuk pada ice cream maker. Bisa langsung dinikmati atau dimasukkan dulu ke dalam freezer.


Note :
1. Kalau tidak punya ice cream maker, adonan bisa di masukkan ke freezer selama 3-4 jam. Kemudian setelah itu  setiap 50 menit sekali adonan di aduk-aduk. Lakukan selama kurang lebih 5 kali atau sesuai keinginan sampai tekstur es krim menjadi lembut.
2. Kalau ingin ada butiran-butiran kopi, gunakan kopi bubuk.




     That's sooooooo yuuummmmmyyyy........ga bisa brenti makan rasanya, huehehehe.

No comments:

Post a Comment