Tuesday, January 29, 2013

Cake Lapis Puding Coklat

     Bener-bener deh, kali ini lagi hobi banget bikin dessert. Pokoknya di bela-belain keliling mall dan pasar nyari bahan. Kali ini pengen puding, tapi bukan puding yang seperti biasa aku bikin. Pengen sesuatu yang beda *alaahhh*. Jadilah kepikiran buat ditambahan cake. 
     Bingung juga sih mau bikinnya, soalnya aku belum pernah bikin cake. Bermodal resep sederhana plus keberanian tingkat tinggi *lebay*, akhirnya aku nyoba juga bareng adek. Pengen ikutan bikin katanya, jadi dia bela-belain dateng pagi-pagi, padahal rumahnya ujung kulon, hihihi.

Bahan cake :
- 150 gr tepung terigu
- 50 gr tepung maizena
- 6 btr telur
- 150 gr gula pasir
- 100 gr keju parut
- 100 gr mentega, lelehkan
- 1/2 sdt baking powder

Bahan puding :
- 700 ml susu cair
- 1 bks bubuk aga-agar putih
- 75 gr gula pasir
- 75 gr coklat masak
- 10 gr coklat bubuk
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Telur dan gula di mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku (warna berubah pucat dan tekstur kental).
2. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk dengan spatula hingga rata.
3. Masukkan keju dan mentega leleh secara bergantian sedikit demi sedikit, aduk rata.
4. Masukkan adonan ke dalam loyang panggang yang telah di alasi minyak goreng dan kertas roti. Panggang selama 35-40menit. Setelah dingin, belah cake mendatar menjadi 2 bagian
5. Puding : Masukkan semua bahan ke dalam panci, masak dengan api sedang hingga mendidih, matikan api. Aduk sesekali hingga puding mengental (hampir mengeras).
6. Masukkan separuh bagian cake ke dalam loyang, tuang separuh puding secara hati-hati ke atas cake. Tunggu sesaat, timpa dengan separuh cake berikutnya. Tuangkan kembali sisa puding secara hati-hati. Dinginkan dalam kulkas lebih nikmat.




     Padahal udah pesemis ga bakal sukses, ternyata berhasil, hiiipp...hiippp...huraaaayyyyy...... seneng banget rasanya. Pertama kali bikin dan gak gagal.

No comments:

Post a Comment