Monday, August 17, 2015

Brownies Ice Cream


     Jadi ceritanya pengen bronis tapi dimakan es krim. Dulu kyknya pernah bikin, cuma krn es krimnya hasil beli di supermarket, kurang set gitu dia. Entah es krimnya ntah kulkasnya ga ngertilah, intinya ga sukses hahahaha. Jadi kali ini aku bikin lagi. Sebenernya pengen pake resep lama, yg atasnya pake karamael coklat dari susu kental manis. Tapi udah aku ubek2 juga ga ketemu itu resep, lupa aku letal di mana. Aku guggling juga ga nemu, jadi ya sutralah ya, aku pake resepnya Laura Vitale yg disiram pake ganache coklat.
     Untuk bronis, aku pake resep bronis fudgy yg sering aku bikin. Es krimnya aku juga pake es krim vanila yg biasa aku bikin. Ganache sama stroberi aku nyontek laura. Ada sih sebagian yg aku kasih kacang mete, tapi ternyata enakan pake stoberi. Jadi tambah seger krn asem2, soalnya kan udah pada manis smua tuh yg lain.
     Tapi krn beku, stroberinya jd susah dimakan kalo pake sendok, musti langsung digigit. So, next time kalo bikin lagi stroberinya mau aku potong kecil2, trus aku aduk langsung sama es krimnya. Kalo yg kemaren ini cuma aku belah 3 trus taruh di atas es krim. Tapi asli enak banget ihh kalo kegigit langsung semua layernya. Oh iya, untuk bronis rasanya ga begitu manis, berasa pait coklatnya. Krn aku ga suka manis2. Jadi kalo suka yg manis gulanya ditambah ya.

Bahan - bahan :
Brownies :
- 170 gr dark cooking chocolate, cincang
- 100 gr mentega tawar
- 150 gr gula halus (kalo suka manis 200gr)
- 1/4 sdt garam
- 2 butir telur
- 100 gr tepung terigu serba guna
- 20 gr coklat bubuk

Vanilla Ice Cream : resepnya di sini. Biarkan di suhu ruang sekitar 20 menit sebelum digunakan, agar mudah di ratakan.

Topping :
- 135 stroberi segar, belah 3
- 35 gr kacang mete, panggang

Chocolate Ganache :
- 160 gr dark cooking chocolate, cincang
- 160 gr cream


Cara membuat :
1. Brownies : lelehkan coklat dan mentega dengan cara di tim. Masukkan gula halus dan garam, aduk rata dengan whisker. Biarkan hangat. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan tepung dan coklat bubuk, aduk rata. Tuang di loyang persegi uk 22 x 22 cm yg telah dialasi baking paper (lebihkan kerta di samping2nya hingga ke atas). Panggang selama 20 menit dengan suhu 170 C.
2. Ambil brownies yg sudah dingin beserta loyangnya. Tuang es krim di atasnya, ratakan. Beri potongan stroberi dan kacang mete. Ratakan agar stroberi dan mete agak menyatu dengan es krim. Simpan di freezer selama 4 jam atau semalaman hingga es krim kembali mengeras.
3. Panaskan cream hingga hampir mendidih. Tuang ke dalam mangkuk berisi coklat cincang. Diamkan 3 menit. Aduk rata, biarkan hangat. Tuang ke atas es krim, ratakan. Simpan kembali dalam kulkas minimal 2 jam atau hingga ganache set.
4. Keluarkan dari loyang, potong-potong. Sajikan.








No comments:

Post a Comment