Friday, August 14, 2015

Lapis Surabaya

     
     Gegara postingan di FB, aku jd penasaran bikin lapis sby ini. Pas gugling, bahan2nya mirip kyk lapis legit, dengan kuning telur dan mentega yg segudang. Hanya saja lapis sby cuma 3 lapis, 2 lapisan kuning dan 1 coklat. Dan ketiga lapisan ini direkatkan oleh selai. Ini kalo gagal bikinnya nangis darah guling2. Nah kan, ternyata panggangan pertama gosong dengan suksesnya. Sepertinya oven listrik ku yg wattnya super gede itu terlalu panas di suhu 190 C. Tapi untung gosongnya cuma bagian pinggiran2 luar, ditrim sedikit alhamdulillah sisanya masih lembut.
     Resepnya aku liat punya Resepumi.com. Di situ ga disebutin sih ini resep sumbernya dr mana. Ada juga yg punya NCC, tapi aku tertarik yg di resep ummi krn pake susu bubuk. Biasa lebih enak kan kalo pake susu bubuk atau SKM. Untuk selainya aku pake selai nanas bikinan sendiri. 1 buah nanas di blender trus di masak sama 100 gr gula. 
     Pas udah jadi ternyata hasil cakenya ketinggian. Harusnya pake loyang 22 x 22 cm. Tapi krn loyang 22 cm ku lagi di kulkas buat bikin es krim bronis, jadilah aku pake loyang 20 cm. Tapi gpp lah, yg penting rasanya kan ya hehehe. Teksturnya lembut dan legit, rasanya enak dan manisnya pas di aku. Selai nanasnya bikin tambah uenaaakk kalo menurutku, manis2 asem. Mungkin krn selai bikinan sendiri kali ya, beda sama yg beli jadi yg menurutku muanise pooolll. Ini cake meski enaknya kebangetan tapi full kolesterol ya teman, so ingat2 ya makannya, jangan kebablasan seloyang diabisin sendiri hehehe.

Bahan - bahan :
Lapisan kuning :
- 12 butir kuning telur
- 100 gr gula pasir
- 40 gr tepung terigu protein sedang
- 15 gr tepung maizena
- 10 gr susu bubuk
- 125 gr room butter
- 1 sdm (18gr) susu kental manis putih

Lapisan coklat :
- 13 butir kuning telur
- 125 gr gula pasir
- 30 gr tepung terigu protein sedang
- 20 gr coklat bubuk
- 10 gr susu bubuk
- 125 gr room butter
- 1 sdm (18gr) susu kental manis putih

Olesan : selai nanas/stroberi atau sesuai selera

Cara membuat :
1. Olesi loyang persegi ukuran 22 x 22 x 5 cm dengan mentega, alasi bagian bawah dengan kertas roti. Panaskan oven dengan suhu 170 C.
2. Lapisan kuning : Kocok mentega dan susu kental manis hingga putih (jika dicicipi akan lumer di mulut). Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental berpita. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk sambil diayak. Aduk rata dengan spatula.
4. Ambil sedikit adonan telur, masukkan ke adonan mentega. Aduk rata perlahan hingga rata. Tuang ke adonan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, panggang selama 25 menit. Buat lapisan kuning 1x lagi.
5. Lapisan coklat : Kocok mentega dan susu kental manis hingga putih (jika dicicipi akan lumer di mulut). Sisihkan.
6. Kocok kuning telur dan gula dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental berpita. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk dan susu bubuk sambil diayak. Aduk rata dengan spatula.
7. Ambil sedikit adonan telur, masukkan ke adonan mentega. Aduk rata perlahan hingga rata. Tuang ke adonan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, panggang selama 25 menit.
8. Penyelesaian : ambil cake lapisan kuning, olesi dengan selai. Tumpuk dengan cake coklat, olesi selai. Tumpuk lagi dengan cake kuning. Tekan hingga cake melekat (bisa dengan meletakkan loyang yg atasnya di beri pemberat.
9. Trimming/rapikan sisi-sisinya sebelum dipotong-potong.



     Fiuhhhhh....bikin cake ini perjuangan banget deh. Apalagi kondisi aku lagi hamil besar. Bikin sakit punggung ihh, hikss...tapi ngeliat SiMbak yg makan dengan lahapnya dan minta2 terus sambil memberikan senyuman termanisnya, trus SiAyah juga suka, rasanya tuh seneeengg banget. Terbayar semua perjuangannya hahahaha.


No comments:

Post a Comment