Monday, August 10, 2015

Bronketem Keju (Brownies Kukus Ketan Hitam)


     Sejak pertama kali nyoba bikin ini bronis, langsung jatuh cinta sama rasanya. Ini juga salah satu best seller dagangan aku. Ternyata setelah ceki2, belum aku post di blog ini resep. Aku liat resep punya Mbak Ricky. Hanya saja aku ga pake emulsifer dan vanilinya. Rata2 cake yg aku produksi bebas bahan2 kimia seperti pengembang dan pelembut. Biar lebih sehat lah hahahaha.
     Biasa aku bikin tengahnya pake meses dan atasnya di coret coklat. Cuma kali ini pengen nyoba pake keju ditengah. Ternyata kurang ngeju di lidahku, soalnya penggemar keju sih. Jadi atasnya aku taburin keju lagi. Krn males bikin buttercream, jadi atasnya aku olesin whip cream trus tabur keju. Naahh...kalo yg ini keju bgt.

Bahan - bahan :
Bahan I :
- 6 butir telur
- 200 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam

Bahan II :
- 250 gr tepung ketan hitam
- 20 gr coklat bubuk, ayak
---> campur jd satu

Bahan III :
- 100 gr dark cooking chocolate, cincang, lelehkan dan campus rata dungeon mink dan susu
- 200 gr minyak goreng
- 1 sachet susu kental manis coklat (40gr)

- 6 lbr keju slice
- keju parut
- whip cream kocok/mentega

Cara membuat :
1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental.
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. 
3. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang persegi ukuran 20x20x7 cm yang telah di olesi dengan sedikit minyak goreng dan dialasi kertas roti. Kukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah terlebih dulu dipanaskan dengan api sedang.
4. Tata keju slice, kemudian tuang sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang.
5. Angkat dan dinginkan. Olesi permukaan cake dengan whip cream atau mentega. Taburi keju parut.


No comments:

Post a Comment