Tuesday, August 13, 2013

Brownise Putih Telur

     Ada sisa putih  telur abis bikin cornflake cookies. Kebetulan adek ku juga bikin di rumahku, jadi putih telurnya banyak. Sayang mau dibuang, kalo dulu abis bikin es krim, putih telur selalu aku oper ke rumah ortu. Abis jalan2 di webnya mbak Ferona, nemu resep brownise putih telur. Yasudlah, langsung di eksekusi itu putih telur.


Bahan - bahan :
- 250 gram Dark Cooking Chocolate, cincang kasar
- 100 gram mentega tawar
- 100 gram tepung terigu, ayak
- 5 putih telur
- 150 gram gula pasir (aku pake 100 gr aja)
- 100 gram kacang mede disangrai, dicincang kasar (aku ga pake)


Cara membuat :
1. Siapkan loyang 28x10x4cm yang dialas kertas roti dan dioles margarin.
2. Panaskan oven suhu 180C.
3. Chocolate ditim dengan mentega hingga meleleh. Campurkan lelehan coklat ke dalam tepung terigu, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan gula sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.
5. Tuang putih telur sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Masukkan kacang mede, aduk rata. Panggang 35 menit sampai matang.


     Kalo kata suamiku, ini brownise ato bolu, hahahaha. Soalnya teksturnya empuk. Soalnya kan putih telurnya di kocok sampe berbusa, jadi teksturnya kayak bolu deh. Cuma rasanya enak, aku ngurangi gula, soalnya ga suka manis2 banget, dan ternyata pas rasanya buat aku. Sebelnya, aku panggang selama 45 menit, jadinya ga melted lagi, huhuhu. Cuma, aku seneng karena bagian atasnya kering cantik gitu.

No comments:

Post a Comment