Monday, April 6, 2015

Strawberry Pie


     Dari zaman dulu pas hamil anak pertama, udah pengen banget bisa bikin pie. Tapi koq kayaknya susah ya. Surut dah itu niat, sampe akhirnya bertekad untuk bisa bikin pie. Belilah loyang pie bopas secara online plus beli pastry blendernya. Dan selama beberapa bulan itu loyang dan blender teronggok aja di lemari. Sampai akhirnya aku memutuskan harus bikin. Mumpung ada stroberi banyak, mentega banyak, dan free day. Kenapa milih stroberi, pengen coba aja. Secara dulu udah sering makan yg apel.
     Jadi, semalam aku bikin adonan pie nya. Pas cek tepung, abis pulak, naseeebb. Untung ada tetangga yg lagi di luar, akhirnya nitip. Resepnya aku liat di aplikasi yum yum. Ato bisa juga liat di cooking classy. Ternyata butuh perjuangan nekan-nekan mentega dingin, keras kakaaaakk. Sampai akhirnya sukses, tapi lupa di foto2, hikkss. Bagi 2 adonan, bungkus plastik, simpan kulkas. Pagi2 bagun tidur, sholat dan giling2.
     Bikin pastrynya ini agak2 sudah, karena harus cepet2. Berburu dengan mentega yg di suhu ruangan makin lama akan meleleh. Adonan ini kalo ga salah bisa bertahan 6 bulan di freezer. Pas nggiling juga, aduuhh mak. Kalo pie ini sukses, next mau coba bikin scone. Sukses scone, mau coba croissant lagi.

Bahan - bahan :
adonan pie :
- 300 gr tepung terigu serba guna, dingin
- 200 gr mentega tawar dingin, potong2,
- 1 sdt garam, dingin
- 100 ml air dingin

Isian :
- 500 gr stroberi segar, potong-potong
- 180 gr gula pasir
- 2 sdm tepung maizena
- 1/4 sdt garam
- 2 sdt air lemon
- 28 gr mentega tawar

Cara membuat :
1. Adonan pie : campur tepung dan garam dalam wadah, aduk rata. Masukkan mentega, tekan-tekan menggunakan pastry blender atau garpu atau jari tangan hingga mentega dan tepung menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang polong. Masukkan air dingin sesendok demi sesendok, sambil tetep di aduk rata hingga adonan menyatu tapi tidak begitu lengket. Tuang adonan di atas meja bertabur tepung, satukan, bentuk adonan menjadi bulat, bagi 2 menjadi 3/4 bagian dan 1/4 bagian, pipihkan setebal 1 inchi. Bungkus dengan plastik wrap, simpan di kulkas minimal 1 jam sebelum digiling.
2. Ambil adonan yg besar, giling di atas meja bertabur tepung atau di atas baking paper. Masukkan ke dalam loyang pie, tekan-tekan hingga rata, potong sisa adonan yg ada di samping-samping.
3. Campur gula, tepung maizena dan garam. Campur dengan stroberi dan jus lemon. Masukkan ke dalam loyang pie. Masukkan mentega ke beberapa tempat di atas stroberi.
4. Giling adonan pie satu lagi, potong-potong setebal 1 cm. Tata di bagian atas stroberi. Olesi dengan kuning telur yg di campur dengan 1 sdt air.
5. Panggang dengan suhu 200 C selama 20 menit. Turunkan suhu menjadi 180 C, panggang lagi selama 50 menit. Tutup bagian atas dengan alumunium jika bagian atas telah coklat. Dinginkan hingga benar-benar dingin (minimal 2 jam) sebelum di potong.





No comments:

Post a Comment