Wednesday, April 8, 2015

Apple Pie


     Pas bilang ke suami kalo mau bikin pie, beliau minta yg apel. Tapi krn mau ngabisin stok stroberi, jd yg apel ngantri buat ronde kedua. Akhirnya hari ini jadi apel pie nya. Isi pie nya asem, takaran gula aku kurangi sih. Nanti yg ini aku bikin yg pasnya ya. Cara buatnya sama kyk di stroberi pie. Hanya saja takaran bahan nya yg beda. Soalnya butuh crust yg lebih bnyk krn 2 layer, atas dan bawah.

Bahan - bahan :
Pastry :
- 360 gr tepung terigu serba guna
- 250 gr mentega tawar, dingin
- 1 1/4 sdt garam
- 10 sdm air dingin

Bahan isi :
- 1 kg apel granny smith (hijau).
- 150 gr gula pasir
- 1 sdt garam
- 1 sdm air lemon
- 1 sdt bubuk kayu manis
- 28 gr mentega, potong kecil

Cara membuat :
1. Adonan pie : campur tepung dan garam dalam wadah, aduk rata. Masukkan mentega, tekan-tekan menggunakan pastry blender atau garpu atau jari tangan hingga mentega dan tepung menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang polong. Masukkan air dingin sesendok demi sesendok, sambil tetep di aduk rata hingga adonan menyatu tapi tidak begitu lengket. Tuang adonan di atas meja bertabur tepung, satukan, bentuk adonan menjadi bulat, bagi adonan menjadi 2 bagian, pipihkan setebal 1 inchi. Bungkus dengan plastik wrap, simpan di kulkas minimal 1 jam sebelum digiling.
2. Kupas aple, iris melintang. Tuangi air lemon agar tidak coklat.
3. Ambil adonan pertama, giling di atas meja bertabur tepung atau di atas baking paper. Masukkan ke dalam loyang pie, tekan-tekan hingga rata.
4. Campur gula, tepung maizena, bubuk kayu manis, dan garam. Masukkan ke dalam apel, aduk rata. Masukkan ke dalam loyang pie. Masukkan mentega ke beberapa tempat di atas apel.
5. Giling adonan pie satu lagi, letakkan di bagian atas apel. Olesi bagian samping pertama kulit pie dengan telur, agar mudah merekatkannya dengan kulit pie yg kedua.  Olesi dengan kuning telur yg di campur dengan 1 sdt air.
6. Panggang dengan suhu 200 C selama 20 menit. Turunkan suhu menjadi 180 C, panggang lagi selama 50 menit. Tutup bagian atas dengan alumunium jika bagian atas telah coklat. Dinginkan hingga benar-benar dingin (minimal 2 jam) sebelum di potong.



No comments:

Post a Comment