Tuesday, July 18, 2017

Bolu Gulung


     Aku sukaaaaakkk bgt sama bolgul. Biasa kalo ada temen yg ke Medan, aku pasti titip bolgulnya meranti. Pas waktu di Indo aku ga berani coba bikin, abisan keliatan susah, apalagi pas nggulungnya. Nah pas di Prancis, krn kangen, aku coba bikin pake resep yg ga full kuntel. Hasilnya ga bisa digulung, pecah. Mungkin krn kelamaan manggang, ato kebanyakan isi, entahlah. Tapi rasanya enak hehehe.
     Lalu terjadilah perdebatan dlm otak ku, antara pengen nyoba yg full kuntel tapi takut kalo gagal juga. Secara kuntelnya butuh bnyk, kan bangkrut klo gagal lagi. Hasilnya berbekal nekat, aku memberanikan diri nyoba yg full kuntel, sambal nggulung sambil deg2an, daaaaaannn Alhamdulillah sukses dan enak pake bgt.
Resepnya aku pake punya Bu Fatmah Bahalwan di sini


Bahan - bahan :
- 15 butir kuning telur
- 150 gr gula pasir
- 75 gr terigu
- 175 gr mentega tawar suhu ruang,

Cara membuat :
1. Kocok mentega dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan pucat.
2. Kocok kuning telur dan gula hingga kental.
3. Ambil sedikit kocokqn telur dan masukkan ke dalam kocokan mentega, aduk rata. Tuang ke dalam kocokan telur, aduk balik dengan spatula hingga rata. Masukkan terigu, aduk balik hingga rata.
4. Tuang ke dalam Loyang ukuran 25 x 35 x 4 cm (aku pake uk 35 x 27 x 3) yg sudah dialasi kertas roti.
5. Panggang di suhu 180 C selama 15-20 menit (aku pake api atas bawah).
6. Balik ke atas kertas roti atau handuk serbet bersih, olesi dengan isian, gulung, dinginkan.
Note : jika isian berupa selai, maka bia langsung dioles selagi panas dan langsung gulung. Jika isian berupa cream, maka gulung dulu cake hingga hangat, lalu buka gulungan, olesi isian, gulung kembali.



No comments:

Post a Comment