Tuesday, July 18, 2017

Red Currant Mousse


     Hari kamis minggu kmrn aku ke Lille, pas mau ke took asia, ada pasar arab. Jadilah liat2, beli semangka murah, lalu keliling lagi nyari buah lain. Lalu di 1 kios aku berenti beli cherry belgia (ternyata rasanya ga enak dan asem), lalu ada buah kecil2 bergerombol ditangkai warna merah. As usual, rasa penasaran bikin aku beli sekotak (soalnya pernah liat di IG-nya sebuah restotan ada buah2an ini dg wrn merah, putih dan hitam. Setelah tanya2 dan Googling, lalu ketemulah namanya.
     Ternyata buah ini ga sebeken buah berry lainnya yg resep olahannya melimpah ruah. Setelah bingung mau dibikin apa (soalnya klo dimakan gitu aja asem bgt dan bijinya gede2 kyk raspberry), akhirnya mutusin buat bikin mousse. Kali ini nyoba resep yg pake kuning telur tapi dimasak (yg mentahan aku masih ogah nyoba).
     Rasanya sih enak, manis asem. Tapi aku ga suka teksturnya, terlalu ringan berudara (halah). aku masih suka yg versi pake gelatin dan coklat batangan. Resep aku lihat di sini

Bahan - bahan :
- 250 gr red currant
- 3 kuning telur
- 70 gr gula pasir
- 1 sdt vanilla ekstrak
- 200 ml whipping cream

Cara membuat :
1. cuci buah, hilangkan tangkainya,  masukkan ke panci kecil, tambahkan & sdm air. Maak sambal ditekan-tekan menggunakan spatula kayu atau sendok hingga agak kental. Saring bijinya.
2. Kocok kuning telur dgn gula dan vanila dengan whisker hingga kental dan pucat. Masukkan red currant sauce, masak dg cara double boiler selama 10 mnt hingga kental sambal terus diaduk. Dinginkan.
3. Kocok whip cream hingga kaku, campur dengan adonan red currant. Masukkan ke dalam wadah, simpan dlm kulkas minial 2 jam sebelum dinikmati.


No comments:

Post a Comment