Saturday, June 3, 2017

Rendang Dagimg


     Ini ke-3 kalinya aku bikin rendang. Pertama kali bikin, bumbunya jd minin setelah jadi. Soalnya aku ga pake cabe sih. kedua kali bikin, bumbunya aku bikin 2x lipat. Alhamdulillah jd bnyk bumbunya. Yg ke-3 kali ini bumbunya juga 2xlipat. Aku suka sama daging di sini, cepet empuknya. Tapi ga tau kenapa rendang aku ga item. Ahhhh yg penting enak hihihi. resep aku lihat di just try & taste, kalo di blog ini resepnya untuk 1kg daging, tp ada tmbahan 200 gr cabe merah. Karena aku ga pake cabe, jumlah bumbu tetep aku samain, biar bnyk. Bumbunya sama banyaknya, minus cabe yg bejibun, tp dagingnya separuh dr resep.

Bahan - Bahan :
- 500 gr daging sapi (pilih yg lemaknya sedikit atau pilih yg untuk steak), potong2 sesuai selera
- 400 ml santan kental (aku pakai 2 bks kara yg cream)

Bumbu yg dihaluskan :
- 13 butir bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 3 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 3 cm lengkuas
- 2 batang serai (ambil bagian putihnya)
- 6 butir kemiri di sangrai

Bumbu yg dihaluskan (dry mill) :
- 1/2 butir biji pala
- 3 buah kapulaga (aku ga pake)
- 2 buah bunga lawang
- 1 1/2 sdm ketumbar, sangrai
- 1 sdt merica butir
- 1/4 sdt jintan,sangrai
- 4 butir cengkeh

Bumbu tambahan lainnya :
- 1 batang kayu manis 4 cm
- 3 lembar daun jeruk (aku ga pake krn ga ada di sini)
- 3 lembar daun salam
- 2 lbr daun kunyit, rajang halus (aku ga pake)
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdm gula jawa

Cara membuat :
1. Tumis bumbu hingga halus matang dan harum agar rasa rendang ga cemplang. Pastikan sambil diaduk-aduk agar tidak gosong. Masukkan bumbu tambahan lainnya, masak hingga dedaunan layu.
2. Masukkan daging, masak hingga daging berubah warna.
3. Masukkan santan, masak sambil diaduk sesekali agar tidak gosong dibagian bawah. Masak hingga santan menyusut.

 ini yg baru mateng

ini setelah bolak balik di panasi selama 2 hari



No comments:

Post a Comment